Ini yang Akan Dilakukan Mahathir Mohamad, Setelah Proton Dibeli China

Editor : M N Ubay
Mahatir Muhamad (foto : acehtimes.id)
Mahatir Muhamad (foto : acehtimes.id)

Online24, Tokyo – Perusahaan mobil nasional milik Malaysia, Proton tahun lalu telah dibeli oleh perusahaan asal China Zhejiang Geely Holdings. Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, berencana untuk mendirikan perusahaan mobil nasional yang baru. Sebab menurutnya, mobil nasional harus dimiliki rakyat Malaysia.

“Mobil nasional harus dimiliki rakyat Malaysia. Perusahaan itu telah dijual ke perusahaan China, itu tidak lagi jadi mobil nasional,” katanya di depan Konferensi Masa Depan Asia ke-24 di Tokyo, Jepang, Senin (11/6/2018).

“Saya yakin, kami punya kemampuan untuk menghasilkan mobil berkualitas baik yang dapat dijual ke seluruh dunia. Kami ingin akses ke pasar dunia,” ucap pria berusia 92 tahun tersebut.

Proton sendiri adalah perusahaan mobil nasional yang dibentuk atas inisiatif dari Mahathir pada tahun 1983 pada ia menjabat sebagai perdana menteri kala itu.

Namun pada masa kepemimpinan Najib Razak, tepatnya pada tahun lalu, Proton sedang dilanda masalah dan akhirnya sebesar 49,9 persen sah Proton dibeli oleh Geely.