Tewasnya Jurnalis M Yusuf Di Penjara Masih Misterius

Editor : Muh. Idris

Online24,Kotabaru – Duka para jurnalis di Kotabaru.Kalimantan Selatan hingga kini belum juga terobati atas meninggalnya seorang jurnalis media siber M Yusuf yang di kenal sangat gigih dalam membantu masyarakat tertindas.

Dimata teman-teman se profesinya ia dikenal sebagai sosok wartawan yang kerap menyampaikan aspirasi -aspirasi masyarakat.

Sejak kabar meninggalnya mulai jadi bahan pembicaraan, membuat Wakapolri Komjen Pol Syafruddin angkat bicara. Komjen Pol Syafruddin mengaku sangat tidak setuju terhadap Polres Kotabaru, Kalimantan Selatan. Yang langsung menjerat M. Yusuf, dengan pasal 45 A UU 19/2016 tentang Perubahan Atas UU 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Nanti kita cek lagi, ya wartawan nggak boleh di anu (langsung pidana) janganlah,” kata Wakapolri saat meninjau arus mudik. Lebih lanjut, Jenderal bintang tiga itu berjanji akan mengecek kembali peristiwa meninggalnya M.Yusuf itu.

Ada sejumlah pertanyaan atas kematian M. Yusuf, pertama apakah yang bersangkutan mempunyai riwayat penyakit kelainan jantung dan apakah ada dokter yang menyatakan positif memang benar, kalo benar apabila yang bersangkutan atau keluarga (istri) mengajukan penangguhan penahanan siapapun Oknum yang menolak permohonan itu telah melanggar Ham.”

Yang kedua siapa yang bertanggungjawab dan bersikeras menahan dan menjebloskan Ke penjara hingga tewasnya.

Dari informasi yang di peroleh bahwa diketahui M. Yusuf ditangkap karena pemberitaannya mengenai konflik antara warga dengan PT MSAM.

Bahkan sebelumnya pihak keluarga M Yusuf pernah mengajukan penangguhan penahanan tapi sama sekali tidak di respon oleh pihak kejaksaan dan sampai akhir hayatnya M Yusuf memang benar memiliki riwayat kelainan jantung.