Demi Kenyamanan Pemudik, Jajaran Polres Gowa Lakukan Ini

Reporter :
Editor : M N Ubay
Kapolres Gowa,AKBP Shinto Silitonga
Kapolres Gowa,AKBP Shinto Silitonga

Online24, Gowa – Jelang perayaan Idul Fitri 2018 atau 1 Syawal 1439 H, Polres Gowa berkomitmen untuk menjaga ketertiban arus lalulintas saat mudik.

Operasi ketupat pun sebagai agenda rutin kepolisian jelang lebaran dilakukan Sat Lantas Polres Gowa. Hal ini diakui Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga bahwa sejak tertanggal 7 Juni 2018 lalu, operasi ketupat mulai dilaksanakan.

“Diawali apel operasi ketupat pada 6 Juni 2018 dan pemantapan pada hari itu juga, kemudian pukul 00.00 wita, Kamis (27/6/2018) sudah dinyatakan operasi ketupat mulai berjalan, Polres Gowa sendiri, bekerjasama dengan Pemkab Gowa, dalam hal ini Dishub, Dinkes, beserta Dinas PU,” kata Shinto saat diwawancarai, Selasa (12/6/2018).

“Dalam hal ini, kaitan Dinas PU yakni memberhentikan operasional truk roda enam dan roda sepuluh yang mengangkut material pertambangan, sehingga jalan poros, tidak akan terhalangi bagi pemudik,” jelasnya.

Dia juga menyebutkan bahwa Polres Gowa telah menyiapkan lima posko operasi ketupat tersebut. Lima lokasi itu yakni, depan pasar Minasa Maupa, batas Kota, dekat pasar Bontomarannu, hutan pinus Tinggimoncong, serta di Bajeng.

“Konteksnya, pos Pam ini memang operasional 24 jam, sehingga kami membutuhkan bantuan dari Dinas Kesehatan untuk bisa menurunkan tenaga medisnya, peralatan medis termasuk ambulans. Diharapkan para pemudik bisa beristirahat dan mengecek kesehatan sebelum melanjutkan perjalanannya,” kata Shinto.

Dia pun mengungkapkan bahwa salah satu yang telah dilakukan yakni bersama Dishub, pengecekan kendaraan layak mudik.

“Dari situ, kita memang memberikan penindakan terhadap kemdaraan yang tidak layak jalan, sehingga tidak memberikan potensi kecelakaan bagi masyarakat,” ucap Shinto.

“Kita juga telah melakukan pengecekan kesehatan bagi para pengendara dan penumpang,” pungkasnya.