Jemaah Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah Lebaran Hari Ini

Editor : M N Ubay
Ilustrasi,/internet
Ilustrasi,/internet

Online24, Makassar – Jemaah tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah menjalankan menetapkan 1 Syawal jatuh pada hari ini, Rabu (13/6/2018). Penetapan 1 Syawal 1439 Hijriah ini lebih cepat dibandingkan ketetapan pemerintah yang baru akan menggelar sidang isbat pada Kamis (14/6/2018).

“Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah menetapkan 1 Syawal besok, sesuai hitungan kalender hisab qamariyah,” kata Syekh Muda Muhammad Yusuf Hamdani, Sekretaris Majelis Fatwa Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah, Selasa (12/6/2018).

Ia mengatakan, Pondok Pesantren Yayasan Dr Syekh Salman Daim di Bandar Tinggi, Simalungun, akan dijadikan sebagai pusat kegiatan salat id untuk jemaah yang berasal dari Sumatera Utara.

“Untuk jemaah sudah muai berdatangan. Kita akan melaksanakan buka puasa bersama dengan para jemaah yang sudah datang dan dilanjutkan dengan takbiran,” ujarnya.

Selain di Bandar Tinggi, salat id Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah juga akan digelar di beberapa lokasi lainnya di Indonesia.

Untuk yang bermukin di Riau dan Kepulauan Riau, misalnya, digelar di Rumah Suluk Darus Shofa, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Riau. Sementara bagi jemaah yang ada di Pulau Jawa, salat id digelar di Rumah Suluk Darussalam, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor.

“Tahun ini kita tidak adakan salat Id di Rumah Suluk Mariendal (Darul Shofa Li Ahli Taqwa), karena untuk jemaah Sumatera Utara, salat Id hanya dipusatkan di Bandar Tinggi,” jelas Yusuf.

Yusuf menyatakan penghitungan awal Ramadan pada tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah tetap mengacu pada Alquran dan hadis. Penghitungannya didasarkan pada kalender hisab qamariah.