Perhatikan Hal Ini Agar Mudik Dengan Motor Nyaman dan Aman

Editor : M N Ubay
Foto illustrasi orang naik motor
Foto illustrasi orang naik motor

Online24, Makassar – Kendaraan roda dua masih menjadi primadona alat tranportasi yang dipilih pemudik. Terutama bagi mereka yang mudik dalam satu pulua.Untuk itu, agar perjalanan mudik dengan motor bisa lebih nyaman, ada baiknya para pengendara memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Cek Kondisi Kendaraan

Sebelum berangkat, pastikan untuk mengecek sepeda motor anda. Pastikan semua bekerja dengan normal, seperti rantai, rem, kelistrikan, lampu-lampu, hingga busi.

Ada baiknya jika sepeda motor diservice terlebih dahulu sebelum dibawa mudik. Selain itu jangan lupa surat-surat kendaraan anda. Dan, jangan coba-coba mudik tanpa membawa Surat Izin Mengemudi.

Selain itu, kelengkapan berkendara juga wajib dipakai, seperti helm dan sarung tangan. Pastikan juga jas hujan tidak tertinggal. Satu lagi, selalu gunakan sepatu saat mengendarai sepeda motor.

2. Tentukan Rute

Satu hal lain yang tak kalah penting dipersiapkan adalah rute alias jalur yang akan anda tempuh. Setiap rute, tentu saja, ada resikonya. Sesuaikan rute dengan kondisi sepeda motor anda.

3. Waktu Keberangkatan

Hindari mudik saat tengah malam. Sebab, resiko mengantuk bisa membayangi anda sepanjang perjalanan. Selain itu kondisi jalan yang asing juga menjadi resiko lainnya. Apalagi, belum tentu semua rute yang akan anda lewati aman dari kejahatan.

Waktu terbaik untuk berangkat adalah subuh. Sebab saat itu kondisi tubuh sedang dalam keadaan bugar, dengan catatan anda tidur 8 jam sebelumnya.

4. Istirahat 2 Jam Sekali

Memacu sepeda motor tidak hanya menguras energi, tapi konsentrasi pun perlahan akan berkurang. Karena itu, untuk mencegah kelelahan sekaligus menjaga konsentrasi, menepilah setiap dua jam sekali.