Prof Ramli:Sempurnakan Sholat melalui kesalehan pada sesama

Editor : Andhika BD
Suasana sholat Idul Fitri di pelataran parkir clarion Hotel Makassar
Suasana sholat Idul Fitri di pelataran parkir clarion Hotel Makassar

Online,24 Makassar – Ribuan umat muslim dan muslimah di Makassr melaksanakan sholat Idul Fitri 1439 H di Hotel Clarion, Jalan AP Pettarani Makassar, Jumat 15 Juni 2018.  Jamaah Idul Fitri ini melaksanakan sholat di Ballroom Sandeq clarion hotel hingga di pelataran parkir hotel termegah di Makassar tersebut. 

Bertindak selaku Khatib yakni Prof. Dr.H.Mansyur Ramli, Kepala Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi RI. Sementara imam, A Zamaksyari Baharuddin Mhum.  Khotbah Prof Ramli memilih tema “Bulan Ramadhan sebagai wacana menumbuhkan kesalehan pribadi dan sosial”. Menurutnya, saat ini pentingnya menjaga dan menumbuhkan kesalehan sosial pada sesama untuk menyempurnakan sholat dan puasa yang telah dilaksanakan sepanjang sebulan ini. “Segenap kita akan kembali ke fitrah yang suci. Kembali ke fitrah berarti kembali ke jalan yang lurus’  ujar mantan Rektor UMI ini. 

Ramli mencontohkan sifat dan sikap Nabi Muhammad yang tidak hanya mencerminkan menjalankan sholat, puasa sert ibadah lain akan tetapi Rasulullah memberikan cermina kehidupan sehari hari nya pada sesama. “Kearifan, kepedulian dan penghargaan pada manusia. Termasuk orang orang yang memusuhi”. Ujar Ramli, sambil membacakan contoh sikap Nabi Muhammad. 

Ia melanjutkan bahwa Amal ibadah adalah tidak hanya menimbulkan kesalehan pribadi akan tetapi menimbulkan pula kesalehan sesama manusia. 

[fbcomments]