Yuk, Intip Makanan Khas Lebaran Dari Berbagai Negara

Editor : M N Ubay
opor ayam. foto/cookpad.com
opor ayam. foto/cookpad.com

Online24, Jakarta – Di Indonesai, Ketupat dan opor ayam menjadi hidangan yang identik dengan Hari Raya Idulfitri. Hampir semua rumah akan tercium bau opor yang disanpat bersama ketupat. ternyata tak hanya di Indonesia, di berbagai negara juga ada makanan khas yang identik denga hari Lebaran.

1. Bangladesh

Di negara Bangladhes, makanan wajib di hari lebaran adalah Chotpoti Curry. Makanan ini adalah sejeniskari yang isinya terdiri dari kentang dan telur, tidak ada daging di dalamnya. Bagi kamu penyuka pedas kari ini cocok deh.

2. Myanmar

Sa Nwin Ma Kim, menjadi makanan yang umum dijumpai di Myanmar saat Lebaran. Makanan ini adalah sejenis pudding yang berbahan semolina atau butiran gandum. Biasanya Sa Nwin Ma Kim disajikan bersama Danbuk Htamin semacam nasi biryani dengan irisan manga, daun mint dan cabe hijau.

3. Rusia

Umat Muslim akan menuju tenda Ramadan di dekat Masjid Pusat Moscow untuk merayakan Lebaran. Dengan populasi 16 juta Muslim, mereka menikmati Manti, yaitu kue berisi daging domba atau daging sapi yang dibumbui.

4. Malaysia

Idul Fitri di Malaysia disebut The Grand Day ‘Hari Raya’ dan pada hari ini keluarga akan berbagi makanan yang disebut Luih. Itu adalah kue berwarna cerah dan memiliki rasa manis yang dibuat dengan mentega, telur, gandum dan gula.

5. China

Masyarakat muslim yang ada di China juga punya makanan khas di waktu lebaran. Salah satu menu yang wajib ada di hari lebaran adalah Sup Mie La Mian. Sup ini terasa segar.

6. Mesir

Makana Khas lebaran di Mesir adalah Kahk. Kahk adalah kue yang berisi kacang dan bertabur tepung gula halus. Resep Kahk ini sudah ada sejak jaman Mesir kuno lho dan masih eksis sampai saat ini.