Rahasia Rossi Naik Podium Lagi

Editor : Aris Munandar
Valentino Rossi, pembalap Yamaha
Valentino Rossi, pembalap Yamaha

Online24, Barcelona – Valentino Rossi naik podium lagi pada balapan MotoGP 2018. Kendati tak memenangi balapan MotoGP Catalunya, Minggu (17/6/2018), Rossi melanjutkan tren podium beruntun dengan menempati posisi ketiga di garis finis.

The Doctor memang sudah memprediksi jika sulit baginya naik podium di Catalunya. Mengingat duo Ducati dan Marc Marquez gemilang pada sesi pole position.

“Saya sangat senang, hasil yang bagus karena setelah latihan cukup jelas bahwa dua Ducati dan juga [Marc] Marquez memiliki ritme yang lebih bagus,” kata pembalap Italia itu.

Pada lap 2, The Doctor merebut posisi keempat setelah melewati rekan kompatriot Iannone. Berupaya mengejar tiga rival di depannya, namun jarak Rossi sudah terpaut cukup jauh.

Kata Rossi, keberhasilan menyodok ke posisi keempat sebelum Andrea Dovizioso terjatuh tidak lepas dari keputusan timnya merubah settingan ban motor jelang balapan di Catalunya.

“Saya pikir akan bertarung dengan keras untuk posisi keempat tapi [Andrea] Dovizioso kecelakaan. Pada akhirnya saya sedikit lebih kencang dari kemarin, karena pagi ini kami meningkatkan set-up [motor] bersama tim,” ucapnya dilansir Motorsport.com.

“Kami memilih start dengan kompon ban soft-soft, itu berisiko tapi akhirnya menjadi pilihan yang bagus dan saya mendapat jarak yang bagus dari grup lainnya,” tambahnya.

Drama terjatuhnya Dovizioso di Tikungan 5 pada Lap 9 membawa sang pembalap Yamaha menempati posisi ketiga. Dan hingga balapan berakhir, tak ada perubahan, Rossi pun mengamankan podium. Meneruskan tren positifnya.

“Sejumlah poin penting diraih untuk kejuaraan mengingat tahun lalu di trek ini kami sangat kesulitan,” tandasnya.