Kurangi Kelebihan Gula Darah Saat Lebaran, Ini Tipsnya

Editor : Muh. Idris

Online24,Makassar – Silaturahmi di hari Lebaran ini, tentunya kita tidak mampu menghindari sajian makanan manis bersantan dan berminyak.

Selain itu aneka kue kering dan kue basah, permen, cokelat, belum lagi minuman sirup ataupun minuman soda akan hadir dihadapan kita saat berkunjung ke rumah sahabat dan keluarga.

Nah, mengonsumsi makanan dan minuman manis tentu jadi tidak terukur. Direktur makanan dan nutrisi Brierley Horton, MS, RD. Mengatakan, tubuh akan memecah gula menjadi glukosa, yang dilepaskan ke dalam aliran darah. Sebagai respon, nanti tubuh kemudian melepaskan insulin untuk membantu mengembalikan kadar gula dan membantu membasahi sel-sel. Nah gula apa pun yang tidak digunakan tubuh akhirnya akan disimpan sebagai lemak.

Selain itu, Brierly juga menambahkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi gula dapat membuat kadar gula darah melonjak, yang mengakibatkan kita akan merasa lapar dan mengidam makanan yang lebih manis, dan begitu terus siklusnya.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika kita mengonsumsi terlalu banyak gula? Melansir Cookinglight, berikut ulasan yang bisa dilakukan untuk menstabilkan gula darah dalam tubuh.

1. Konsumsi protein dan serat
Konsumsi beberapa protein dan serat yang mencernanya lambat. Jika tidak, maka gula darah akan jatuh dan Anda akan berpotensi untuk merasa lapar dan ingin makan lagi dan lagi.

Contohnya, adalah selai apel dan kacang, telur rebus dan pistasio, atau hummus dan sayur-sayuran.

2. Olahraga
Ini yang utama. Jangan lupa olahraga. Apalagi di saat tubuh sedang ‘membutuhkan pertolongan”? Dilanda stres juga jadi salah satu faktor pendorong mengapa ingin terus makan makanan manis, nah jinakkan stres ini dengan berolahraga. Salah satu olahraga yang disebutkan bisa dicoba adalah olahraga yoga.

3. Persiapkan hidangan sehat di rumah
Persiapkan makanan sehat di slow cooker di rumah sebagai persiapan, sehingga nanti ketika lapar Anda tidak tergoda untuk memesan makanan di luar atau pergi ke restoran terdekat memesan makanan leeway layanan drive-thru.

4. Konsumsi beberapa makanan probiotik
Disebutkan, dalam sebuah penelitian terbaru dari Oregon State University menunjukkan bahwa bakteri “jahat” dalam usus itu memakan gula dan dapat memengaruhi fungsi kognitif. Nah, saat sedang berlebihan gula, cobalah minum kombucha atau makan yogurt Yunani, keju cottage, atau sauerkraut yang didinginkan untuk menambahkan beberapa bakteri “baik”.

Jangan Lewatkan Berita Terbaru lainnya
Ikuti Online24jam.com di social Media Kamu