35 Orang Dilarikan Ke Rumah Sakit Karena Terpapar Klorin Dalam Kolam Renang

Editor : Muh. Idris

Online24,Jakarta – Untuk menjaga agar air di kolam renang tetap steril dari segala bakteri, biasanya kolam renang tersebut diberi Klorin sebuah zat kimia yang dapat membunuh bakteri-bakteri penyebab penyakit dan juga menjernihkan air.

Sebetulnya klorin tidak begitu berbahaya asal takarannya tepat. Berbeda dengan kejadian di kolam renang kota San Jose, Amerika Serikat, tak terduga di mana klorin muncul dalam bentuk gas dan mengenai sekitar 35 pengunjung.

Dikutip dari The Mercury News beberapa orang ada yang mengalami gejala sulit bernapas, muntah-muntah, dan masalah pernapasan lainnya. Menurut dr Diane Calello dari Rutgers New Jersey Medical School ini karena klorin dalam bentuk gas sangat beracun bahkan dulu sempat dipakai sebagai senjata kimia.

“Gas klorin dapat menyebabkan orang-orang harus dirawat di rumah sakit. Ini karena mereka yang terpapar akan mengalami luka bakar di saluran napasnya,” ungkap dr Diane.

Informasi yang diperoleh dikatakan kemungkinan karena petugas kolam yang keliru mencampurnya dengan zat lain di ruangan pompa. Klorin mudah jadi gas bila terpapar senyawa seperti asam hidroklorida atau amonia yang umum terdapat pada produk rumah tangga.

Apalagi kadar gas klorin di kolam renang San Jose 15 kali lebih tinggi dari batas toleransi. Yang mengakibatkan 35 orang ke rumah sakit terdekat.