Pelaku Begal Sadis di Hertasning Diringkus Polisi, Ternyata Penikmat Sabu

Reporter :
Editor : M N Ubay

Online24, Makassar – Kurang dari 24 jam, tim Jatanras dan Satuan Tugas Khusus Penegakan Hukum (Satgassus Gakkum) Polrestabes Makassar berhasil menangkap satu pelaku begal pada Senin (18/6/2018) kemarin.

Pelaku yang diketahui bernama Dewa Angga (19), itu berhasil diringkus di Jalan Emmy Saelan, Kota Makassar pada Senin (18/6/2018) malam.

Salah satu pelaku ini diringkus karena dengan teganya membegal seorang wanita yang baru saja turun dari bus, Dian Hartono (28) di bilangan jalan Hertasning, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar.

Nahas bagi wanita yang dibegal oleh pelaku secara sadis ini, bagaimana tidak, diketahui Dian baru saja tiba di Makassar mengendarai bus dari Palopo, namun Ia harus disabet parang pada bagian hidungnya hingga nyaris putus.

Tak hanya jadi tukang begal, remaja tanggung itu ternyata juga seorang penikmat narkoba jenis sabu. Hobi haram tersebut diketahui dari kecurigaan polisi saat menangkap Dewa.

Dari penggeledahan di rumah Dewa, yang berlokasi di Jalan Emmy Saelan, Kota Makassar, Senin (18/6/2018), polisi menemukan paket sabu lengkap dengan alat penghisap berupa bong.

Dalam penggeledahan itu, polisi juga menyita barang bukti lain berupa telepon genggam, helm dan senjata tajam tradisional, yakni sebilah badik.

“Pelaku yang ditangkap ini merupakan eksekutor yang pemarangi (pembacok) korban, dia juga diketahui merupakan residivis,” ujar Kepala Satgassus Gakkum Polrestabes Makassar, Kompol Diari Estetika, Selasa (19/6/2018) dini hari.

Untuk membuktikan kebiasaan nyabu pelaku, polisi juga melakukan tes urine. Hasilnya, sampel air seni Dewa positif mengandung zat yang terkandung dalam narkoba jenis sabu.

Kelakukan pemuda tersebut benar-benar kelewatan. Berdasarkan pengakuan Dewa kepada petugas, usai beraksi, dirinya dan rekan-rekannya langsung berkumpul di salah satu rumah tersangka untuk membagi hasil rampasan. Parahnya, hasil rampasan tersebut digunakan untuk nyabu dan bermain judi online.

“Yang bersangkutan positif mengonsumsi narkoba. Sehingga Tim Elang Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Makassar langsung menindaklanjuti jaringan pengedar tersangka,” terang Diari.

Diketahui Dewa sudah berulang kali keluar masuk jeruji penjara karena kasus yang sama. Terakhir remaja 19 tahun itu kembali menghirup udara bebas pada November 2017 lalu.

Bukannya kapok, setelah bebas ia justru kembali beraksi bersama rekannya merampok Dian yang baru saja mudik dari Kota Palopo.

Akibat ulahnya itu, Dewa bakal dijerat Pasal 365 KUHPidana dan Pasal 112 Ayat (1) UU 35 tahun 2009 tentang Narkotika.