Jangan Ngecas Ponsel Dekat Tempat Tidur, Ini Resikonya

Editor : Muh. Idris
int.
int.

Online24,Makassar – Mengecas ponsel terlalu lama selain bisa membuat baterai jebol, ternyata bisa juga berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.

Terlebih ketika kita sering mengecas disaat mau tidur dan disimpan di dekat bantal. Untuk itu para ahli tidak merekomendasikan pengisian dengan cara seperti itu.

Alasannya karena saat dicas, baterai ponsel bisa menjadi sangat panas sehingga bisa membakar benda-benda di sekitarnya. Lebih dari itu, mengecas ponsel di tempat tidur ternyata bisa berdampak buruk bagi sistem saraf.

Dilansir dari Mirror, David Gale dari perusahaan eko-arsitektur, menyatakan bila sistem saraf beroperasi pada tegangan listrik yang sangat rendah.

“Otak kita menggunakan listrik untuk mengirim pesan ke otot-otot tubuh. Bagi beberapa orang arus bolak-balik buatan manusia yang ada di rumah dapat mengganggu proses tersebut,” ucapnya.

Menurutnya ada baiknya tidak usah mengecas ponsel dekat dengan tempat tidur di malam hari agar dapat menikmati tidur malam yang nyenyak.

Ia juga menyarankan agar menghindari bermain ponsel sebelum tidur. Sebab ponsel memancarkan cahaya yang membuat otak menghasilkan sedikit melatonin yaitu bahan kimia yang membantu dan mengatur siklus tidur. Dengan begitu mata menjadi sulit terpejam. Cahaya dari ponsel juga dapat membuat mata menjadi kering dan penglihatan kabur.

Sebuah studi lain mengatakan bermain ponsel sebelum tidur dapat mengurangi kualitas tidur sehingga membuat seseorang sering merasa kelelahan. Bahkan rentan mengalami kemurungan, perilaku temperamental dan bahkan depresi.