Hobi Sambal? Berikut Resep Sambal Penggugah Selera Anda

Editor : Muh. Idris
Int.
Int.

Online24,Makassar – Anda doyan makan pedas? Rasanya tentu tidak nikmat jika makan tanpa pedas_pedas.

Nah anda yang memang maniak pedas alias senang sambal, berikut ini kami berikan varian sambal yang bisa jadi menu Favorit anda di rumah yang bisa jadi sajian penggugah selera makan.

1. Sambal Kangkung
Bahannya kangkung segar yang direbus sebentar saat akan disajikan. Diberi topping sambal terasi dengan paduan tomat segar. Tentu saja rasanya jadi asam segar dan pedas menyengat. Kalau sudah ngiler.

2. Sambal Matah
Sambal matah atau sambal segar merupakan sambal racikan khas Bali. Bahannya cabe rawit merah dan bawang merah yang diiris halus. Dipadukan dengan jeruk limau, minyak kelapa, sedikit garam dan terasi. Buat beberapa jam sebelum disantap agar meresap rasa pedas segarnya. Enak dimakan dengan ikan goreng.

3. Sambal Bilih Belah
Ikan danau air tawar dari Sumatra Barat, ikan bilih, enak digoreng dan dinikmati dengan sambal segar. Raciikan sambal terasi diberi kucuran air jeruk nipis atau jeruk limau. Kemudian diberi topping ikan bilih goreng. Rasanya pedas gurihnya juara!

4. Sambal Tempe
Sambal yang satu ini bisa bikin ketagihan karena rasa gurih pedasnya. Tempe bisa digoreng atau dibakar. Selanjutnya sambal dengan paduan bawang putih dan kecur bisa jadi paduannya. Bisa dicocol atau dipenyet dengan sambal. Makin enak dengan tambahan daun kemangi.

5. Petis Kangkung
Yang ini gaya sambal Jawa Timuran. Sambalnya memakai campuran petis udang yang gurih manis dengan kucuran air jeruk limau. Kangkung rebus diaduk dengan sambal petis. Paduannya bisa tahu goreng atau kerupuk.