Ini Cara Upload Video IGTV Instagram

Editor : Aris Munandar
Screencapture IGTV.
Screencapture IGTV.

Online24, Makassar – Instagram resmi meluncurkan IG TV, platform baru untuk menyaingi Youtube. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengunggah konten video berdurasi 10 menit. Lantas bagaimana cara menggunakannya?

IGTV hadir dalam bentuk aplikasi tersendiri yang sudah bisa di-download di Google Play Store dan Apple App Store. Tapi setelah mengunggah aplikasi itu dan login dengan akun Instagram milikmu, selanjutnya IGTV bisa dijumpai di aplikasi Instagram.
IGTV terdapat pada bagian atas kanan jendela aplikasi, tepatnya di sebelah fitur Direct Message. Bukan hanya kreator konten saja yang bisa mengunggah video di IGTV, semua pengguna Instagram dipastikan bisa membuat video sendiri dan mengunggahnya ke IGTV.
Berikut langkahnya:
1. Tentunya kamu harus terlebih dahulu men-download aplikasi IGTV dan memiliki akun Instagram. Bagi kamu yang mengakses IGTV melalui aplikasi Instagram, tekan ikon televisi yang berada di bagian kanan atas sebelah ikon Direct Message.
2. Setelah masuk ke dalam IGTV, tekan ikon roda gigi yang berada di sebelah kanan, kemudian pilih ‘Create Channel’ untuk membuat channel IGTV.

3. IGTV akan menampilkan penjelasan singkat tentang layanannya, kemudian tekan ‘Next’ dan kamu akan dikembalikan ke jendela IGTV seperti sebelumnya, namun dengan akun yang sudah kamu buat.
4. Untuk mengunggah videomu, sebelumnya kamu harus sudah menyiapkan konten video berdurasi maksimal 10 menit.
5. Setelah itu, tekan gambar akunmu yang berada di sebelah kanan untuk masuk ke dalam profil IGTV milikmu.  Pada bagian kanan, tekan simbol (+) untuk mengunggah video yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

7. Tekan ‘Next’ di bagian pojok kanan atas dan kamu akan diarahkan untuk mengisi judul dan deskripsi singkat videomu. Kamu juga diberikan pilihan untuk membagikannya ke laman Facebook.
8. Kemudian tekan ‘Post’ untuk memproses pengunggahan video. Dan, konten kreasimu kini siap untuk dinikmati semua pengikutmu di Instagram melalui IGTV.