Warga di desa ini berteman dan hidup bersama buaya

Editor : AS
Warga hidup bersama buaya di Ghana 
Foto : NGIndonesia
Warga hidup bersama buaya di Ghana Foto : NGIndonesia

Online,24 Internasional – sebagian besar penduduk dunia menilai buaya adalah predator paling mematikan dan tak bisa diajak untuk bersahabat. Namun justru berbeda di sebuah desa bagian Ghana, Burkina Faso. Warga di sana menjadikan buaya sebagai sahabat sehari hari mereka. Bahkan mereka bisa tidur bersama karena menganggap buaya adalah leluhur mereka. 

“Kami sudah terbiasa dengan keberadaan buaya sejak kecil” ungkap  Pierre Kabore seperti yang diberitakan oleh nasional geografic. Ia melanjutkan bahwa kedekatan mereka dengan buaya seperti layaknya teman,. “Saat ini, kami dengan mudah mendekati mereka dan duduk di atasnya. Jika memiliki keberanian lebih, Anda bisa berbaring juga di sana. Tidak pernah ada masalah. Mereka adalah buaya-buaya suci dan tidak akan melukai manusia,” tambah Kabore.

Kisah keakraban  antara buaya dengan warga desa tersebut terjalin sejak abad ke-15.  Melalui Kabore terdapat cerita turun temurun yang sampai pada mereka bahwa pernah terjadi kekeringan di desa itu. Serta merta terlihat seekor buaya membawa seorang wanita ke kolam persembunyiannya. Dari persembunyian nya itulah tiba tiba muncul air sehingga rasa dahaga warga pun hilang. 

Sebagai tanda terima kasihnya, penduduk melakukan perayaan dengan nama Koom Lakre di mana setiap tahunnya mereka gelar di desain itu.”Buaya direpresentasikan sebagai jiwa nenek moyang kami. Jika salah satu dari mereka mati, maka akan dikuburkan selayaknya manusia,”  kata Kabore. 

Bahkan lanjut Kabore, buaya biasanya menangis jika kemalangan akan menimpa desa.