Hindari Banyak Makan Micin, Ini Resikonya

Editor : Muh. Idris

Online24,Makassar – Micin atau monosidium glutamat (MSG) memang memberikan rasa yang lebih sedap pada makanan. Namun jangan sampai mengonsumsinya berlebihan karena akan memberikan dampak tidak baik bagi tubuh.

Konsumsi MSG sebaiknya jangan sampai melebihi batas aturan yang disarankan per harinya. WHO merekomendasikan batas maksimal konsumsi micin adalah 6 gram per hari. Sementara Kemenkes RI menyebutkan batas aman konsumsi micin adalah 5 gram per hari.

Ahli gizi dan diet dari University of Sydney, Leona Victoria Djajadi MND, menjelaskan fakta mengenai konsumsi micin secara berlebihan bagi tubuh. Diungkapkannya, micin atau MSG memiliki kandungan natrium atau garam yang tinggi. Jadi harus dipertimbangkan terutama bagi penderita hipertensi dan penyakit ginjal.

Sementara itu, dilansir dari helium.com, MSG masuk dalam kategori excitotoxin atau neurotoksin. Jika dikonsumsi secara lama kelamaan (degeneratif) maka dapat merusak otak dan sistem saraf. Untuk itu perlu mengurangi konsumsi MSG dalam batas normal.

MSG juga memberikan efek ingin makan terus karena memicu insulin dan ketagihan untuk makan. Sehingga efeknya terjadi pada penyimpanan lemak dalam tubuh. Laporan penelitian dari UAE University juga mengungkapkan konsumsi MSG memungkinkan terjadinya peningkatan peluang obesitas.

Maka perhatikan asupan yang dikonsumsi sehari-hari, terutama pada camilan atau makanan ringan yang sering dikonsumsi. Agar bisa ngemil dan tetap menjaga asupan micin, pilih camilan yang tepat seperti FitChips yang kalorinya rendah dan dibuat tanpa MSG