KPU Sulsel Jamin Akses Pemilih Disabilitas di Pilgub Terpenuhi

Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan memastikan tersedianya fasilitas pencoblosan bagi penyandang disabilitas.

Humas KPU Sulsel Asrar Marlang mengatakan, penyediaan template bagi penyandang disabilitas bersifat wajib.

Selain itu, kata dia, fasilitas yang ada di TPS juga harus dibuat mudah aksesnya bagi para penyandang disabilitas yang memiliki hak suara.

“Desain TPS harus bisa dijangkau oleh penyandang disabilitas baik lokasi, letak bilik dan kotak suara. Ada template juga untuk yang tidak melihat,” ujarnya saat dikonfirmasi via WhatsApp, Rabu (27/6/2018).

Berdasarkan data KPU Sulsel, jumlah pemilih penyandang disabilitas di Pilgub Sulsel cukup tinggi yaitu sebanyak 21.569 pemilih dari jumlah DPT mencapai 6.022.987.

Jumlah tersebut adalah tuna daksa sebanyak 5.557, tuna netra 4.735, tuna rungu/wicara 4.558, tuna grahita 2.542, dan disabilitas lainnya 4.177.

Para pemilih ini, akan menentukan kepala daerah yang akan memimpin Sulawesi Selatan. Adapun pasangan calon yang ikut Pilgub kali ini adalah Nurdin Halid – Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz), Agus Arifin Nu’mang – Tanribali Lamo (AAN-TBL), Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (NA-ASS) dan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka).