Hari Keluarga Nasional Moment Penting Untuk Keluarga

Editor : Muh. Idris

Online24,Makassar – Kumpul bersama keluarga merupakan kebahagiaan tersendiri.

Apalagi sekarang ini merupakan hari keluarga yang diperingati setiap tanggal 29 Juni, yang telah ditetapkan pada tahun 2014 lalu. Sayangnya ketetapan hari keluarga nasional (HARGANAS) ini belum begitu banyak yang mengetahuinya.

Sejalan dengan itu, anda tentu juga banyak melihat saat ini kaum milenial sangatlah sulit untuk bersosialisasi dengan keluarga. Walaupun berkumpul, mereka akan sibuk dengan gadgetnya sendiri.

Padahal, selain bisa mendekatkan dan menjalin keharmonisan antar anggota keluarga, pertemuan keluarga bisa jadi wadah membagikan cerita dan pengalaman. Manfaatnya cukup penting bagi Anda maupun anak. Ini Keuntungannya.

1. Membantu ikatan anak dan keluarga

Memelihara ikatan keluarga itu penting. Anak-anak tumbuh dengan cepat dan anggota keluarga mereka tidak akan ada selamanya. Maka pertemuan itu penting karena dapat membantu anak belajar lebih banyak tentang dari mana ia berasal. Semakin tua dia, semakin dia akan menghargai pertemuan keluarga ini.

2. Memberi anak Anda lebih banyak model peran

Anak-anak dengan masalah belajar dan perhatian mungkin kesulitan untuk menangkap isyarat sosial. Tetapi Anda dapat menggunakan pertemuan keluarga untuk menunjukkan kepada anak Anda contoh perilaku sosial yang tepat. Pergi ke makan malam atau acara pertemuan keluarga yang besar, misalnya, memungkinkan dia menyaksikan sepupu dan kerabat lainnya melakukan hal-hal seperti mengatakan “tolong” dan “terima kasih” ketika orang dewasa memberi mereka makanan. Diam-diam tunjukkan padanya perilaku baik ini.

3. Membantu memahami anak lebih baik

Membawa anak Anda ke pertemuan keluarga bisa baik untuknya. Tetapi itu juga bisa baik untuk seluruh keluarga Anda. Menghabiskan waktu bersama anak Anda dapat membantu kerabat Anda mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang orang-orang dengan masalah belajar dan perhatian dan lebih banyak empati untuk mereka.