Soni Berikan Tantangan Panitia Konferensi Internasional Gender Unhas

Editor : Aris Munandar

Online24, Makassar – Penjabat Sementara (Pj) Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono, menantang Panitia Konferensi Internasional Gender Unhas serta Panitia Seminar Internasional Asosiasi Pusat Studi Wanita/Gender dan Anak Indonesia (ASWGI).

Tantangan itu diungkapkan saat panitia konfrensi dari Unhas ini dipimpin Ketua P3KG Unhas selaku ketua panitia konferensi, Prof Rabina Yunus melakukan audience dengan Soni Sumarsono di rumah jabatan, Jumat (29/6/18).

Konferensi dan seminar akan dilakukan pada tanggal 10-11 Juli 2018 di Makassar. Sumarsono menantang Prof Rabina Yunus dan rombongan melakukan pengkajian soal investasi generasi anak Indonesia berwawasan gender.

Dicontohkan Sumarsono perspektif praktis berwawasan gender, saat mengikuti festival bedug di Gowa.

Kepada bupati Gowa, dia minta tahun depan pada acara yang sama pemukul beduk ada juga dari wanita, ide itu langsung dibantah.

Tetapi Sumarsono melanjutkan nama kegiatan Festival Seni Bedug, bedug yang dipakai kecil-kecil dan dihiasi.

Selain itu Sumarsoso tantang melakukan penelitian, pada siswa SLTA soal persepsi siswa, kalau komandan upacara dari kalangan perempuan.

Di jajaran birokrasi perspektif praktis berwawasan gender dilakukan dengan merekrut satpol PP dari kalangan perempuan muda dan cantik, malah ada beberapa orang alumni Paskibraka.

Selain itu saat pertama datang selaku Plt Gubernur Sulsel, pada upacara hari Senin, komandan upacara dari perempuan.

Kehadiran ASWGI di kampus-kampus, jangan hanya ilmu untuk ilmu, tanpa ada perubahan aksi sosial di tengah masyarakat.

Ketua panitia didampingi humas panitia Dr. Muhammad Yahya dan panitia lainnya Dr. Novaty E Dungga, Dr. Suryadi Lambali, Andi Reni. Turut hadir Kadis Pemberdayaan Perempuan Sulsel Andi Murlina.