Jokowi Unggah Foto Proyek Bendungan Paselloreng di Sulsel

Editor : M N Ubay
Bendungan Paselloreng. Foto /Instagram @Jokowi
Bendungan Paselloreng. Foto /Instagram @Jokowi

Online24, Makassar – Akun instagram Presiden Joko Widodo mengunggah sebuah proyek bendungan yang tengah di bangun di Sulsel. Foto yang diunggah adalag bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo. Bendungan tersebut adalah salah satu dari tiga bendungan yang tengah di bangun di wilayah Sulawesi Selatan. Akun resmi instagram Jokowi menyebut, pemerintah sedang membangun tiga bendungan besar di Sulawesi Selatan: Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo, Karalloe di Kabupaten Gowa dan Pamukkulu di Kabupaten Takalar.

Provinsi Sulsel disebut sebagai salah satu sentra pangan nasional sehingga Jokowi memasukkan tiga bendungan ini ke dalam Program Strategis Nasional.

Bendungan Paselloreng mulai dibangun pada tahun 2015 dan akan mengairi lahan irigasi seluas 7.000 hektare. Jika tak ada halangan, bendungan ini akan rampung Desember 2018.

Bendungan Karalloe dibangun lebih dulu, sejak Desember 2013, tapi baru akan rampung tahun 2019 karena kendala pengadaan lahan. Bendungan ini juga akan digunakan mengairi lahan irigasi seluas 7.000 hektare.

Adapun Bendungan Pamukkulu baru dimulai pembangunannya pada November 2017, yang direncanakan untuk mensuplai irigasi seluas 6.150 hektare.

Pembangunan tiga bendungan ini akan meningkatkan tampungan air sebesar 261,23 juta m3, salah satunya untuk meningkatkan suplai air irigasi. Selain itu, juga menjadi sumber air baku, pembangkit listrik mikrohidro, konservasi air, pengendali banjir, perikanan air tawar dan pariwisata.