255 Orang Ikuti Seleksi Pendamping KUMKM Diskop Sulawesi Selatan

Editor : M N Ubay

Online24, Makassar – Sebanyak 255 orang yang berasal dari 24 kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan mengikuti seleksi calon pendamping koperasi dan usaha mikro ,kecil, menengah (KUMKM).

Kepala Dinas Koperasi UKM Sulsel, Malik Faisal mengatakan, seleksi dilakukan untuk memperoleh pendamping UMKM yang profesional yang akan bertugas dilapangan, khususnya pendampingan bagi wirausaha baru.

Agar pelaksanaan seleksi lebih transparan dan objektif maka Diskop UKM Sulsel mempercayakan pelaksanaan ujian dan penilaian kepada CV Trio Pabeta Indonesia.

Direktur Trio Pabeta Indonesia, Salman Sahmad mengatakan, proses perekrutan itu dimulai dengan pengumuman pendaftaran, dilanjutkan seleksi berkas, ujian portofolio, ujian wawancara dan test tertulis.

“Ujian wawancara dan tertulis diadakan hari Sabtu(30/6/2018) bertempat di gedung Celebes Convention Center Makassar (CCC). Dari 255 calon pendamping yang lulus berkas, hadir 185 calon pendamping yang memenuhi undangan tim seleksi dan mengikuti ujian wawancara dan tertulis,” katanya.

Nantinya akan dipilih sebanyak 76 orang yang layak jadi pendamping dan dinyatakan handal untuk menjadi fasilitator, inovator dan motivator dalam upaya mengubah mindset, paradigma dan manajemen para pelaku KUMKM Sulsel,tandasnya.

Kepala bidang UKM Diskop Sulsel, Abdul Azis Bennu mengatakan, sebanyak 76 orang tenaga pendamping yang dinyatakan lulus, akan mengikuti bimtek guna mendapatkan materi pembekalan sebelum turun lapangan.Adapun sumber anggaran berasal dari APBD Sulsel.

“Mereka ditugaskan ke daerah tugas masing-masing yang akan menjadi kawan dekat pelaku usaha, mereka akan menjadi pemberi solusi terhadap permasalahan omset, aset, modal, SDM, dan pemasaran para pelaku UMKM,” ujarnya disela-sela uji seleksi pendamping di CCC Makassar.