Prabowo Ingin Pindahkan Makam Pangeran Diponegoro

Editor : Asri Muhammad
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subanto/foto:google
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subanto/foto:google

Online24, Makassar – Prabowo Subianto ingin memindahkan makam Pangeran Diponegoro yang saat ini berada di Makassar, Sulawesi Selatan.

Keinginan Ketua Umum Gerindra tersebut disampaikan saat memberikan sambutan di acara halal bihalal di Universitas Bung Karno, Jumat (29/6) kemarin.

“Saya ingin memindahkan makam Pangeran Diponegoro kembali ke rumahnya di Yogyakarta. Kita tahu, arwahnya enggak di situ lagi,” ujar Prabowo seperti dikutip dari kumparan.

Prabowo bercerita, di era penjajahan sebelumnya, banyak para pejuang bangsa yang ditangkap dan dibuang oleh penjajah. Mereka bahkan tak boleh kembali ke keluarganya. Menurut Prabowo, ia ingin memperbaiki kondisi tersebut.

Selain Pangeran Diponegoro, Prabowo juga ingin memindahkan makam pahlawan Tuanku Imam Bonjol ke Sumatera Barat. Saat ini, makam Tuanku Imam Bonjol berada di Minahasa, Sulawesi Utara.

“Walaupun terlambat beberapa ratus tahun, menurut saya. Karena setiap kali saya lewat di situ, makam Pangeran Diponegoro di tengah-tengah pasar. Tetap bagus, tapi kurang heroik. Kita harus menghormati bangsa kita,” lanjutnya.

Dalam acara itu, turut hadir sejumlah tokoh seperti Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon, hingga mantan Menteri Negara Koordinator Perekonomian Rizal Ramli, dan Rachmawati Soekarnoputri.