Kini Hadir Gas Elpiji 3 Kg Nonsubsidi, Ini Harganya

Editor : Muh. Idris

Online24,Jakarta – PT Pertamina (Persero) kini meluncurkan penjualan gas elpiji 3 kilogram (kg) non subsidi pada pekan depan. Tapi hal tersebut baru sebatas uji coba dulu.

VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito menuturkan, masa uji coba pasar akan memakan waktu kurang lebih setengah tahun ke depan.

“Uji pasarnya akan mulai pertengahan minggu ini. Uji pasar kurang lebih 6 bulan,” kata Adiatma, Minggu (1/7/2018).

Untuk periode uji coba ini, perseroan akan mendistribusikan gas elpiji 3 kilogram non subsidi ke dua wilayah dulu, yaitu Jakarta dan Surabaya. Selanjutnya, perseroan akan melakukan evaluasi terkait penjualannya.

“(Distribusi) Daerah Jakarta dan Surabaya, jumlah tabung kurang lebih 5.000 tabung,” kata Adiatma.

Sebelumnya, Plt Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan perseroan merencanakan penjualan ini dimulai hari ini, 1 Juli 2018.

Elpiji nonsubsidi ini pun dijual bebas kepada masyarakat, sehingga baik masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) maupun yang mampu bisa membelinya.

Penjualan ini, menurutnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat mampu, khususnya yang tinggal di apartemen dan terbiasa dengan hidup praktis. Di mana hanya membutuhkan gas dengan ukuran yang kecil.

namun kuota tabung gas subsidi tak akan berkurang. Menurutnya, hal tersebut sama dengan yang dilakukan Pertamina saat menjual tabung gas 12 kg nonsubsidi saat itu.

Adapun harga pasti tabung gas 3 kg nonsubsidi belum dapat disebutkan oleh Nicke. Namun berdasarkan usulan dari Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno, elpiji 3 kg nonsubsidi akan dijual dengan harga Rp39.000.