Ini Bahaya Sering Gunakan Earphone

Editor : Muh. Idris

Online24,Jakarta – Smartphone adalah sebuah benda yang tidak bisa lepas dari khidupan sehari-hari. Hampir semua kebutuhan modern bisa dipenuhi benda tersebut, namun dibalik kegunaannya tersimpan beberapa risiko yang dapat mengancam kesehatan.

Salah satunya adalah penggunaan earphone yang bisa berbahaya untuk telinga. Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun mengimbau durasi penggunaanya setiap harinya.

Dikutip dari Popular Science, WHO menganjurkan jangka waktu yang dibolehkan untuk seseorang mendengarkan earphone adalah satu jam setiap hari dengan besaran volume 60 persen saja. Beberapa dekade terakhir angka anak muda yang mengalami gangguan pendengaran akibat menggunakan earphone selalu meningkat.

Semenjak tahun 1994 sekitar 3,5 persen remaja di Amerika Serikat terserang gangguan pendengaran dan angkanya terus meningkat hingga 5 persen di tahun 2014.

Mungkin kita tidak pernah menyadari bahwa menggunakan earphone dengan volume maksimal. Padahal memutar musik dengan volume kencang dapat merusak pendengangaran dalam kurun waktu 4 menit saja.

“Menggunakan earphone di dalam kondisi lingkungan yang berisik, orang cenderung memutar musik menggunakan earphone dengan volume yang lebih tinggi dari biasanya agar dapat terdengar oleh telinga. Kejadian tersebut dapat secara berkala merusak telinga kita jika terlalu sering dilakukan dengan durasi 4 menit” ujar Profesor Kathleen Campbell, ahli audiologi dari Southern Illinois University School of Medicine.

“Walaupun WHO juga telah memberi regulasi kepada pengembang merek earphone untuk membuat standarisasi alat pendengar yang tidak melukai pendengaran manusia, tetapi itu semua akan percuma apabila perilaku kita menggunakan earphone masih belum bijaksana” tutur profesor Kathleen Campbell.

Jadi seberapa lama anda menggunakan earphone setiap harinya? Apakah berlebihan atau sudah tepat? Anda sendiri yang memutuskan.