3 Bulan Buron, Komplotan Pembobol Rumah Kosong Diringkus Polisi

Reporter :
Editor : Muh. Idris
Ilustrasi. (Branson Sparks)
Ilustrasi. (Branson Sparks)

Online24, Makassar– Pelarian Karman (40) dan Darno Indra Yanto (24) berakhir usai ditangkap personel gabungan Reserse Mobil (Resmob) Polda Sulawesi Selatan dan Polres Barru. Keduanya merupakan komplotan pembobolan rumah kosong.

Mereka merupakan target operasi Satuan Reserse Kriminal Polres Barru atas laporan polisi tertanggal 10 Maret lalu. Komplotan ini ditangkap di Desa Mambu, Kecamatan Luyo, Kebupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat pada hari Senin (2/7/2018) kemarin.

“Keduanya merupakan kelompok pembobol rumah kosong di wilayah hukum Polres Barru yang telah buron selama tiga bulan,” kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, Selasa (3/7/2018).

Dicky menjelaskan sebelum melancarkan aksinya sindikat ini terlebih dahulu melakukan pengintaian terhadap rumah-rumah kosong. Selanjutnya, mereka beraksi dengan cara mencongkel pintu rumah lalu menggondol dua buah telepon genggam dan uang tunai sekitar Rp15 juta.

Selain menangkap kedua pelaku, kata Dicky, polisi pun mengamankan Aris (35) lantaran menjadi penadah barang hasil curian. Dari tangan Aris disita barang bukti berupa satu buah telepon genggam.

“Dia turut diamankan karena membeli satu unit telepon genggam dari Darno seharga Rp800 ribu,” katanya.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya para pelaku telah diamankan di Mapolres Barru untuk menjalani proses hukum. Dalam kasus ini Karman dan Darno dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman tujuh tahun penjara, sementara Aris dijerat pasal 480 KUHP.