Polisi Ungkap Penyebab Tenggelamnya KM Lestari Maju di Perairan Selayar

Editor : Andhika BD
Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani. (Adam/Online24)

Online24, Makassar – Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, penyebab tenggelamnya KM Lestari Maju di perairan Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan diduga akibat kebocoran di bagian lambung kapal.

“Dugaan sementara yang kami terima dari informasi awak kapal dan masyarakat yang melihat kejadian, bahwa ada kebocoran di lambung kapal,” kata Dicky di Makassar, Selasa (3/6/2018) petang.

“Dan mengakibatkan air laut masuk ke kapal. Akhirnya kapal dikandaskan ke pantai,” dia menambahkan.

Dicky juga mengatakan evakuasi para korban tidak terlalu sulit. Sebab, kapal tenggelam tidak jauh dari ujung Pantai Pabadila Selayar, Desa Bungaya, Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Tentu beda dengan evakuasi kapal yang lain, kapal ini tidak tenggelam, kapal ini kandas. Kalau kapal ini tenggelam tentu evakuasi ini sulit. Karena kapal ini bisa dikandaskan, evakuasi lebih gampang dan banyak orang yang selamat,” paparnya.

Data manifest KM Lestari Maju yang berangkat dari Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba menuju Kepulauan Selayar membawa 139 penumpang. Kapal kemudian mulai tenggelam pukul 14.30 Wita. Hingga pukul 19.30 Wita, jumlah korban meninggal akibat insiden ini sudah 12 orang.

Dicky mengatakan, kepolisian dan Basarnas saat ini terus melakukan pencarian. Selain itu pihaknya juga menerjunkan Tim DVI Polda Sulsel untuk melakukan identifikasi para korban.

“Tim DVI malam ini juga akan berada di Bulukumba dan besok pagi akan bergeser ke Kepulauan Selayar,” tambahnya.