Alasan Pelatih PSM Jarang Turunkan Zulham Zamrun

Editor : Aris Munandar
Gelandang PSM, Zulham Zamrun (kanan) saling berebut bola dengan Pemain Borneo FC, Faubert
Gelandang PSM, Zulham Zamrun (kanan) saling berebut bola dengan Pemain Borneo FC, Faubert

Online24, Makassar – Winger PSM, Zulham Zamrun mimim jam terbang selama kompetisi Liga 1 musim 2018. Pelatih PSM, Robert Rene Alberts menyebutkan jika penurunan performa jadi penyebabnya.

Selama kompetisi Liga 1 digulirkan, Zulham hanya mampu diberikan kesempatan sebanyak 257 menit bermain. Dua kali menjadi starter, dan empat kali menjadi pemain pengganti. Dan hanya berhasil menciptakan satu gol.

Bahkan saat laga terakhir jelang libur lebaran, di mana PSM menang tipis 1-0 atas Persebaya Surabaya, Zulham tidak dimainkan. Alih-alih masuk dalam daftar line up, duduk di bangku cadangan pun, winger berusia 30 tahun ini tidak dipasang.

Melihat situasi tersebut, pelatih PSM, Robert Alberts mengungkapkan bahwa performa Zulham memang dalam kondisi yang tidak bagus. Sehingga, eks Persib Bandung tersebut tidak mendapat kepercayaan lebih untuk dimainkan.

“Saya akui, dia belum ke kemampuan terbaiknya. Saya juga sudah tanyakan hal ini ke dia. Dan dia setuju soal itu. Namun, dia janji akan akan memberikan sesuatu yang lebih nantinya,” ungkap Robert usai memimpin latihan di Stadion Gelora Andi Mattalatta.

Meski begitu, pelatih berkebangsaan Belanda ini mengaku tetap memberikan motivasi khusus bagi Zulham. Apalagi dalam putaran kedua nanti, kontribusi pemilik nomor punggung 7 ini sangat berguna sebagai alternatif di posisi pemain sayap.

“Mudah-mudahan saja, dia bisa kembali memberikan yang terbaik pada putaran kedua nantinya,” ujar Robert. Sama seperti musim lalu, Zulham berhasil tampil baik selama paruh kedua Liga 1.

Zulham tercatat membukukan 16 kali tampil, 11 kali starter, lima kali pemain pengganti dengan total 924 menit bermain. Kepercayaan tersebut ia jawab dengan torehan lima gol dan empat assist.