FGD dan Monev TPG Kota Makassar

Editor : Muh. Idris

Online24,Makassar – Bertempat di Lariz Hotel Makassar berlangsung Monitoring dan Evaluasi penyelenggaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) di Kota Makassar.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari kamis, 5 juli 2018 yang di hadiri oleh perwakilan Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Disdik Kota Makassar, Kepala Sekolah, dan Guru sekolah Negeri dan Swasta Kota Makassar.

Hadir memberi Sambutan dan arahan, bapak Kepala Bidang GTK Disdik Kota Makassar Dr. Pantja Nur Wahidin menyampaikan bahwa perlunya memperkuat proses penyaluran dana TPG ini kepada guru. Regulasinya sudah ada namun masih terkendala dalam prosesnya di lapangan sehingga banyak meresahkan guru, pungkasnya.

Berbagai kendali khususnya di kota Makassar masih banyak terjadi. Sumber pangkalan data untuk pencairan TPG ini adalah validnya data dapodik.

Namun kenyataannya terkadang data guru tidak valid antara dapodik dengan data BAKN. Hal ini tentu sangat merugikan guru. Seharusnya dana TPG cair per tiga bulan sekali akhirnya mundur sampai 6 bulan bahkan terkadang lewat.

Tentu ini juga sangat terkait dengan mekanisme pengimputan data di sekolah. Operator pendataan data pokok pendidikan di sekolah merupakan hal yang harus diperhatikan.
Sangat banyak kasus tidak validnya data karena adanya kesalahan input data oleh operator Dapodik.

Tentu hal ini haruslah disikapi dengan baik. Kerjasama seluruh tim dalam sekolah harus diperhatikan dengan baik.

Kegiatan Monev ini di Lanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) ini di dampingi oleh tim Kemdikbud Bidang GTK bapak Angga dan Rikky.

Melalui kegiatan ini di harapkan adanya informasi yang didapatkan terkait penyelenggaraan TPG di Kota Makassar untuk selanjutnya di tindak lanjuti secara nasional oleh pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.