Danny Pomanto Dilaporkan ke Bawaslu RI

Editor : M N Ubay
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto

Online24, Jakarta – Walikota Makassar, Ramdhan Pomanto diaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu RI) oleh Lembaga Advokasi Hukum Indonesia Raya Partai Gerindra. Laporan tersebut terkait dugaan keterlibatan Danny Pomanto dalam memberikan dukungan kolom kosong pada Pilkada Kota Makassar.

Ketua Lembaga Advokasi Hukum Indonesia Raya Partai Gerindra, Habiburokhman beserta rombongan medatangi kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Kamis (5/7/2018) dengan membawa sejumlah dokumen.

“Kami didampingi rekan dari Gerindra melaporkan dugaan keterlibatan saudara Danny Pomanto selaku wali kota Makassar yang memihak kepada kotak kosong pada Pilwalkot,” kata Habiburokhman.

Bukti yang dibawa oleh Habiburokhman adalah hasil cetak pemberitaan di media massa yang berisi pengakuan Danny Pomanto. Pengakuan itu menyatakan Pomanto memang bekerja untuk memenangkan kotak kosong.

Selain itu, Habiburokhman juga menyerahkan berita yang berisi sujud syukur yang dilakukan Pomanto setelah kotak kosong dinyatakan menang versi hitung cepat (quick count).

“Peristiwa ini tadi pagi melalui informasi bahwa yang bersangkutan mengakui bekerja untuk kotak kosong. Jadi kita ambil keputusan segera ke sini karena UU mengatur laporan ini bisa ditangani Bawaslu,” ujarnya.

Pelanggaran ini terkait dengan pasal 71 ayat 5 UU Pilkada Nomor 10 Tahun 2016 .Habiburokhman mengatakan hal ini merupakan pelanggaran yang serius.

“Pelanggaran ini bersifat terstruktur karena melibatkan seseorang yang punya jabatan, sistematis dan masif karena terjadi di banyak tempat. Karena yang melakukan ini petahana tapi bukan paslon, dan tidak mungkin mendiskualifikasi kolom kosong, maka kami menuntut agar Bawaslu melakukan pemungutan suara ulang (PSU) di seluruh TPS di Kota Makassar,” tegas Habiburokhman.