Penumpang Pesawat Kedapatan Selundupkan Narkoba di Popok

Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Seorang penumpang pesawat asal Vietnam diamankan pihak Bea Cuakai Bandara Soekarno-Hatta, karena kedapatan menyelundupkan narkoba, Kamis (5/7).

Pelaku menggunakan modus baru, yaitu menyimpan narkoba ke dalam popok.

“Vietnam ini dari tahun 2018 baru dua kali modusnya sama. Mereka pakai popok. Sekarang kami sudah mau enggak mau menambahkan risiko bagi mereka-mereka yang datang dari Vietnam (untuk pemeriksaan),” ujar Kepala Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Erwin Situmorang, seperti dikutip dari Kompas.com.

Biasanya, penyelundup dari penerbangan asing menggunakan modus simpan narkoba dengan cara swallow atau menelan atau menyimpan di pembalut wanita.

“Tapi dari Vietnam itu mereka sudah mulai masuk ke diapers. Kalau kita lihat orang pakai diapers juga akan keliatan dari profiling-nya akan beda,” kata Erwin.

Sebelumnya, Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta mencatat kasus penyelundupan menggunakan popok dari penumpang penerbangan asal Vietnam pada Jumat, 22 Juni 2018.

Penumpang penerbangan Singapore Airlines berinisial H (33) melakukan penerbangan rute Phnom Penh – Singapura – Jakarta. Petugas menemukan narkoba jenis methamphetamine seberat 2.767 gram dalam tas punggung penumpang.

Selain itu, ada penemuan serupa pada saat pemeriksaan badan. Petugas menemukan narkoba jenis tersebut di dalam popok yang akan dipakai pelaku.