Tak Tenggelam, Ternyata Ini yang Terjadi Pada Nining Selama 1, 5 Tahun

Editor : M N Ubay
foto/internet
foto/internet

Online24, Sukabumi – Beberapa waktu lalu masyarakat dihebihkan dengan ditemukanya Nining Sunarsih (52) dalam kondisi selamat. Padahal seperti diberitakan, Nining tenggelam di laut selatan Sukabumi, Jawa Barat 1,5 tahun lalu.

Kemunculan Nining secara tiba-tiba sempat membuat banyak orang bertanya-tanya. Namun semua teka-teki tersebut kini terbongkar sudah. Ternyata selama ini Nining tidak tenggelam meliankan bekerja di Jakarta dan Kabupaten Cianjur.

Hal tersebut berdasarkan penyelidikan yang dilakukan oleh Polres Sukabumi Kota. “Hasil pengumpulan fakta-fakta selama 1,5 tahun dari saksi-saksi, Ibu Nining tidak tenggelam,” kata Kepala Polres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro dalam jumpa pers di Kota Sukabumi, Jumat (6/7/2018) sore.

Dalam penyelidikan tersebut, tim khusus memeriksa 9 orang saksi 3 di antaranya adalah saksi kunci. Salah satunya adalah adik kandung Nining yang berinisal D. Menurut pengakuan D peristiwa 1,5 tahun lalu itu memang direncanakan ibu Nining dengan seseorang yang memberikan solusi.

Hal itu dilakukan karena Nining terbelit hutang kepada masyarakat sekitar. Untuk mengembalikan sejumlah uang kepada masyarakat, ia harus meminjam ke bank. Setelah mendapat pinjaman dari bank, utang-utangnya ke masyarakat dibayarkan.

“Untuk menutup ke bank, dibuatlah skenario bahwa Ibu Nining seolah-olah hilang tenggelam dalam kegiatan piknik bersama keluarga. Yang mengetahui Ibu Nining menghilang, bukan tenggelam, yaitu adik kandungnya. Lalu dari pihak keluarga melaporkan ke pihak ke kepolisian maupun Basarnas,”ujarnya.

Susatyo menambahkan, dua bulan kemudian, pihak keluarga mendapatkan kabar bahwa Nining masih hidup dan berada di suatu tempat. Hingga sata ini pihak kepolisian masih mengembagkan teka-teki Nining tersebut.

Sementara Nining saat ini masih dalam perawatan spesialis kejiwaan RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi.