Kunci PSM Tahan Imbang Persija Meski Bermain 10 Orang

Editor : Aris Munandar
Bek PSM, Steven Paulle (kiri) dan Pelatih PSM, RObert Rene Alberts (kanan). (foto: Media Officer PSM).
Bek PSM, Steven Paulle (kiri) dan Pelatih PSM, RObert Rene Alberts (kanan). (foto: Media Officer PSM).

Online24, Makassar – Persija membuang peluang mendapatkan tiga poin penuh setelah gagal mengalahkan PSM yang bermain hanya dengan 10 orang sejak menit 70. Bahkan, mereka sempat unggul 2-1 hingga menit 84 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, Jumat (6/7/2018) malam.

Pelatih PSM, Robert Rene Alberts mengakui gol pertama PSM yang dicetak Guy Junior pada menit 39 hanyalah sebuah keberuntungan. “Gol pertama kita adalah gol beruntung,” akunya usai laga.

Ia juga mengomentari dua gol Persija yang dicetak Osas Saha dan Jaimerson Xavier dan membawa tuna rumah berbalik unggul di awal babak kedua. “Di babak kedua kita melakukan satu kesalahan sehingga skor 1-1. Semangat mereka meningkat dan mereka layak mendapatkan skor 2-1,” ucapnya.

Keadaan sempat tak berpihak bagi PSM karena harus bermain 10 orang sejak menit 70. Hendra Wijaya menerima kartu kuning kedua setelah menjatuhkan Riko Simanjuntak. Menurut Robert, kartu merah dari wasit tersebut tepat.

“Tidak ada yang perlu diprotes karena itu keputusan yang baik dari wasit,” ucapnya.

Kendati demikian, PSM pada akhirnya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Steven Paulle sukses menggetarkan gawang tim Macan Kemayoran pada menit 86.

Menurut Robert, kunci hasil imbang ini berkat ketangguhan timnya menahan gempuran Persija meski bermain 10 orang. “Kekuatan dari tim ini adalah bisa menahan gempuran-gempuran dari tim sekelas Persija. Dan akhirnya kita menyamakan kedudukan lewat gol berkelas Piala Dunia dari Steven Paulle,” pujinya.

Sementara bagi Paulle, kunci timnya mengamankan satu poin itu adalah berkat sikap rekan-rekannya di lapangan yang tidak mengenal kata menyerah, meski kalah jumlah pemain dari Persija.

“Kita menunjukkan perjuangan kita malam ini, 10 lawan 11. Tim berjuang dan bekerja sama-sama. Ini adalah kemenangan tim. Mungkin saja kita tidak bermain bagus, tapi kita bermain dengan sikap pantang menyerah disitu,” jelasnya.