Bungkam Vietnam 1-0, Indonesia Lolos Semifinal Piala AFF U-19

Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Indonesia berhasil menumbangkan perlawanan Vietnam dlam lanjutan Piala AFF U-19 2018 dengan skor tipis 1-0. Kemenangan ini melanjutkan tren positif anak asuh Indra Sjafri pada turnamen tersebut.

Hasil ini juga membuat Indoneisa tetap kokoh di puncak klasemen Grup A dengan 12 poin.

Dalam laga yang digelar di Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (7/7/2018) malam WITA, Vietnam langsung mendapatkan peluang di menit pertama. Satu umpan dari sayap kanan gagal dimanfaatkan oleh Nguyen Huu Thang. Bolanya bisa dipotong oleh kiper timnas U-19, Muhamad Riyandi.

Timnas U-19 masih belum bisa menembus pertahanan Vietnam hingga menit ke-13. Satu peluang lewat tendangan sudut terbuang sia-sa karena bisa ditangkap kiper Vietnam, Ye Li Nie.

Tendangan Witan Sulaiman di menit ke-16 masih melayang dari mistar gawang Vietnam. Muhamad Rafi Syarahil yang menjadi pencipta peluang itu.

Hingga turun minum tidak ada gol yang tercipta. Skor 0-0 bertahan saat jeda.

Pada babak kedua, Indonesia masih kesulitan membobol gawang Vietnam. Sejumlah peluang yang dibuat tim Garuda Muda kandas di lini belakang Vietnam.

Kebuntuan timnas U-19 pada menit ke-81. Todd Rivaldo melakukan solo run, tendangannya membentur mistar. Muhammad Rafli Mursalim menyambut bola rebound dengan tendangan kaki kiri, yang masuk ke gawang Vietnam.

Di sisa pertandingan tak ada gol tambahan, Indonesia menang 1-0. Dengan tambahan poin penuh ini, Indonesia memuncaki Grup A dengan raihan 12 angka. Sementara itu, Vietnam tertahan di posisi kedua dengan koleksi tujuh angka.