Bupati RMS antar Sulawesi Selatan lewati capaian elektrifikasi nasional

Editor : AS
Presiden Jokowi bersama Menteri dan Bupati Sidrap Rusdi Masse, meresmikan PLTB.
Presiden Jokowi bersama Menteri dan Bupati Sidrap Rusdi Masse, meresmikan PLTB.

Online24, Makassar –  Sejak peresmian PLTB Sidrap oleh Presiden Jokowi 2 Juli 2018, capaian kelistrikan di Sulawesi Selatan telah mencapai 99 persen.  Hal ini  ini melewati target dan capaian secara nasional yakni 96 persen. Jokowi sendiri mengatakan bahwa beroperasinya PLTB Sidrap maka rasio elektrifikasi di Provinsi Sulawesi Selatan telah  lebih dari 99 persen. Tentu ini merupakan pencapaian yang diraih oleh Rusdi Masse, sebagai Bupati Sidrap yang telah memberikan sumbangsih pada provinsi ini.. 

Bukan hanya itu, selama 10 tahun Rusdi Masse yang berlatar belakang pengusaha ini telah mengantar Sidrap menjadi pembicaraan hangat bukan saja di tanah air tetapi juga melalui mancanegara. Kehadiran PLTB sebagai energi keterbarukan  merupakan pencapaian yang mengantar Indonesia sejajar dengan negara yang telah menerapkan energi keterbarukan. Juru kampanye iklim Greenpeace Indonesia, Didit Haryo Wicaksono mengatakan dengan selesainya pembangunan PLTB Sidrap maka hal ini merupakan “insiatif” negara untuk memulai energi keterarukan.  “pemerintah bisa lebih progresif unthuk menggali potensi energi keterbarukan di Indonesia” ujar Didit seperti yang dimuat melalui BBC.com. 

Berbicara tentang energi keterbarukan, sejak Presiden Jokowi meresmikan PLTB di Watangpulu Sidrap telah terjadi kenaikan signifikan penggunaan kata “sidrap” atau Sidenreng Rappang melalui dunia maya. Spredfast mencatat bahwa terjadi peningkatan hampir 600 persen dalam penggunaan kata Sidrap, lebih dari 13.000 cuitan melalui akun sosial media Jokowi.  Sementara yang membagikan dalam sehari sejak peresmian berlangsung mencapai 6.000 kali serta mendapat 51.000 lebih reaksi.  Begitupula di unggah an twitter disukai lebih dari 11.000. 

Apa yang telah dicapai oleh Rusdi Masse ini tentu berbeda dengan capaian kepala daerah lainnya di Indonesia. Sebab selain membawa daerahnya sendiri ke mancanegara, RMS juga telah mengantar Indonesia sejajar dengan negara yang telah memproduksi angin sebagai energi listrik.