Insiden Kandasnya KM Lestari Maju, Polda Sulsel Tetapkan 4 Tersangka

Reporter :
Editor : Muh. Idris

Online24, Makassar – Polda Sulsel menetapkan empat orang tersangka dalam insiden kandasnya KM Lestari Maju usai melakukan pemeriksaan secara maraton dan melakukan gelar perkara, Senin (9/7/2018).

Mereka yang ditetapkan sebagai tersangka adalah Hengki Yuwono selaku pemilik kapal, Nahkoda Agus Susanto, Petugas Syahbandar Pelabuhan Bira berinisial KM, serta bagian ticketing kapal IS.

“kita gelar perkara tadi pagi dan telah menetapkan empat orang sebagai tersangka tragedi kecelakaan laut KM Lestari Maju,” kata Dir Krimsus Polda Sulsel, Kombes Pol Yudhiawan Wibisono.

Ia mengatakan keempat tersangka tersebut diduga melakukan tindak pidana sesuai UU Nomor 17 tahun 2008 tentang pelayaran dan peraturan menteri perhuhungan yang menyebabkan korban jiwa. Bahkan, jumlah penumpang melebihi manifes yang sebelumnya tercatat sebanyak 139 orang.

“Kita sudah selidiki dan memiliki alat bukti yang jelas. Dugaan pidana karena kelalaian sudah jelas dan harus ada yang bertanggungjawab, termasuk manifest itu kan 139, tetapi kenyataan yang ada di dalam kapal 211. Dan yang meninggal 36. Barang bukti berupa domumen, dokumen kepemilikan kapal, kapal itu sendiri,” tuturnya.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, keempat orang yang diduga bertanggung jawab itu langsung ditahan penyidik. Mereka diancam hukuman kurungan penjara minimal 5 tahun karena melanggar UU No 17 tahun 2008.