Spanyol Tunjuk Luis Enrique Jadi Pelatih

Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Setelah Fernando Hierro mundur sebagai pelatih, timnas Spanyol langsung bergerak untuk mencari penggantinya. Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) pu menunjuk mantan pelatih Barcelona Luis Enrique sebagai pelatih anyar.

Penunjukan Enrique sejatinya bukan hal yang mengejutkan lagi. Namanya dalam beberapa pekan ini memang disebut bakal jadi pelatih baru Spanyol, terutama setelah Hierro memutuskan tidak ingin melanjutkan tugasnya.

Enrique sendiri tidak sedang terikat kontrak dengan klub manapun sejak memilih menyudahi kontraknya di Barcelona pada musim 2016/17 lalu.

Sepanjang karirnya sebagai pelatih, sosok 42 tahun pernah meraih dua gelar juara La Liga pada musim 2014/15 dan 2015/16. Capaian terbaiknya tentu saja kala menjadi juara Liga Champions pada musim 2014/15.

Semua prestasi di atas diraih saat menjadi pelatih Barcelona. Enrique juga pernah menjadi pelatih terbaik FIFA pada tahun 2015 silam.

Dilansir bola.net, RFEF sebetulnya memiliki dua nama lain yang masuk dalam kandidat pelatih baru. Dua nama pemain tersebut yakni Quique Sanchez Florez dan Michel. Tapi, RFEF menilai bahwa Enrique adalah pilihan terbaik.

Presiden RFEF, Luis Rubiales, menilai eks pelatih Barcelona telah memenuhi segala persyaratan teknis untuk menjadi pelatih baru Sergio Ramos dan kawan-kawan.

“Pemilihan ini sudah memenuhi segala parameter dari pandangan manajemen olahraga. Keputusan sudah bulat. Saya menyukai komitmennya. Dia menepikan tawaran lebih mahal demi Spanyol. Enrique datang bersama staf kepelatihannya,” ucap Rubiales.