Polda Sulsel Tetapkan Tersangka Baru Kasus Abu Tours

Reporter :
Editor : Muh. Idris

Online24, Makassar – Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulsel menetapkan tersangka baru dalam kasus Abu Tours. Dia adalah Khaeruddin selaku komisaris PT Amanah Bersama Umat, Selasa (10/7/2018).

Dia ditetapkan sebagai tersangka setelah proses penyidikan secara mendalam terhadap dua tersangka sebelumnya yakni CEO Hamzah Mamba dan manajer keuangan Abu Tours, Kasim. Khaeruddin diduga kuat ikut terlibat dalam kasus yang merugikan puluhan ribu jamaah se Indonesia.

“Perbuatan yang bersangkutan menerima dan menyimpan uang jamaah yang akan berangkat umrah, hasil tindak pidana penggelapan, kemudian yang bersangkutan diberikan bonus atau imbalan oleh tersangka awal,” kata Dicky di Makassar, Selasa (10/7).

Karena peran dalam konteks TPPU itu, kata Dicky, dia disangkakan melakukan pelanggaran terhadap salah satu pasal, sebagaimana pasal yang diterapkan dalam kasus tersebut. Pasal yang disangkakan terhadap tersangka adalah, pasal 372 dan 55 KUHP tentang penggelapan dan juga pasal 5 Undang-undng nomor 10 tentang TPPU.

“Karena perbuatan melanggar hukumnya, ancaman terhadap tersangka ini maksimal 20 tahun penjara,” ucap Dicky.

Selain itu, Dicky menambahkan penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) juga sementara melakukan pemeriksaan lanjutan terhadap isteri CEO PT Amanah Bersama Umat, Nursyariah Mansyur. Proses penyidikan tidak akan berhenti hingga seluruh tersangka yang diketahui terlibat dalam mengambil peran-peran krusial terkait kasus yang merugikan banyak jamaah ini, terungkap.

“Iya, kita kembali panggil isteri dari tersangka CEO Hamzah Mamba hari ini untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan dalam kasus itu. Khususnya dalam TPPU juga,” tandasnya.