Resmi Jadi Tersangka, Pemilik KM Lestari Maju Langsung Ditahan

Reporter :
Editor : M N Ubay

Online24, Makassar– Pemilik Kapal KM Lestari Maju, Hendra Yuwono telah resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditrwskrimsus) Polda Sulsel. Hendra menyusul nahkoda kapal Agus Susanto dan petugas Syahbandar pelabuhan Bira yang lebih dulu ditetapkan sebagai tersangka.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan penyidik Ditreskrimsus telah melakukan penahanan terhadap Hendra Yowono sejak hari ini, Selasa (10/7/2018).

“Hendra ditahan sejak tanggal 10 sampai 29 Juli 2018 di Rutan Mapolda Sulsel,” kata Dicky melalui pesan WhatsApp.

Dicky menyebutkan pemilik kapal ditahan dalam perkara karena diduga akibat kesalahannya menyebabkan orang lain meninggal dunia. Selain itu, dia juga mempekerjakan awak kapal tanpa memenuhi persyaratan kualifikasi dan kompetensi.

Akibat perbuatannya, pria kelahiran pontianak tahun 1960 ini dijerat dengan pasal 359 KUHP Juncto Pasal 310 subsider pasal 135 UU RI No 17 Tahun 2008 tentang pelayaran.

Sebelumnya, polisi telah menetapkan dua tersangka atas kasus kandasnya KM Lestari Maju di Perairan Selayar pada Selasa (3/7/2018) lalu. Mereka adalah  nahkoda kapal dan pihak Syahbandar Pelabuhan Bira. Keduanya ditetapkan sebagai tersangka akibat kelalaian dalam pelayaran yang menyebabkan korban jiwa.

“Ini nakhoda kan jelas perannya sebagai penanggung jawab, kalau syahbandar karena menerbitkan SPB,” kata Dicky.