35 Masjid di Jakarta Dilarang Potong Hewan Qurban

Editor : Aris Munandar
Sapi kurban/ Foto: Adam Said
Sapi kurban/ Foto: Adam Said

Online24, Jakarta – Sebanyak 35 masjid dilarang menyelenggarakan penyembelihan hewan qurban pada Hari Raya Idul Adha, 22 Agustus 2018 nanti.. Larangan ini disampaikan oleh Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP).

Sebabnya, kawasan Jakarta Equestrian Park di Pulo Mas di Jakarta Timur harus steril dari hewan kurban saat berlangsungnya perhelatan Asian Games pada 18 Agustus hingga 2 September 2018. Perhelatan ajang olahraga se-Asia itu bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.

“Jadi memang sudah disampaikan lama dan alhamdulillah sejauh ini sosialisasinya berlangsung baik,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dilansir Suara.com, Rabu (11/7/2018).

35 masjid yang dilarang melakukan pemotongan hewan kurban itu ada di Kelurahan Kayu Putih, Rawamangun, Pulogadung, Jati, Kelapa Gading Barat, dan Kelapa Gading Timur.

Anies menyebut alasan larangan pemotongan hewan kurban di dekat lokasi arena berkuda Equestrian Park, lantaran kuda-kuda pacuan tersebut sangat sensitiv terhadap virus dan bakteri.

“Karena di sana ada Equestrian yang kuda-kudanya memiliki sensitivitas dan aturan tentang binatang yang berada di sekitar sana sangat ketat,” ujar Anies.

Adapun larangan itu tertuang dalam Instruksi Gubernur nomor 123 tahun 2017 soal pengendalian pemotongan dan penampungan hewan kurban.