Prediksi Semifinal Piala AFF U-19: Indonesia vs Malaysia

Editor : Aris Munandar
Skuad Timnas U-19 Indonesia (foto: PSSI).
Skuad Timnas U-19 Indonesia (foto: PSSI).

Online24, Makassar – Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Timnas Malaysia U-19 di partai semifinal Piala AFF U-19 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (12/7/2018) malam nanti.

Malaysia Punya Kualitas

Kedua tim memiliki perjalanan yang berbeda untuk sampai tahap ini. Malaysia keluar sebagai juara Grup B dengan status tak terkalahkan, sementara Indonesia merupakan runner-up Grup A.

Dari lima laga yang dilalui, Malaysia hanya tertahan satu kali saat diimbangi Timor Leste 1-1. Empat Laga lainnya diiakhiri dengan kemenangan. Padahal, persiapan tim muda Harimau Malaya terbilang sangat mepet. Mereka disebut hanya punya dua hari persiapan sebelum tampil diajang ini.

Fakta keluarnya mereka sebagai juara dengan persiapan singkat cukup menunjukkan bahwa para pemain Malaysia memang memiliki kualitas.

Namun, pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri tak ingin mengindahkan segala catatan itu. Pelatih asal Sumatera barat itu mengaku sudah siap dengan pertandingan ini.

“Timnas U-19 sudah siap lahir batin, latihannya tidak akan saya kasih tahu. Semua (pemain lawan) harus diwaspadai,” kata Indra.

Indonesia Tampil Menyerang

Sementara pelatih Timnas Malaysia U-19, Bojan Hodak, bereaksi dengan fakta tim asuhannya harus bersua lebih dini, melawan tim tuan rumah di semifinal.

“Indonesia tim yang kuat. Kami sudah pernah bertemu mereka sebelumnya,” kata Bojan Hodak.

“Indra Sjafri seorang pelatih yang punya filosofi sepak bola menyerang. Dan dengan dukungan luar biasa dari suporter tuan rumah, menjadikan Indonesia sangat kuat. Tapi, melihat situasi ini, kami tidak berada di bawah tekanan. Tekanan justru ada di pihak Indonesia. Kami akan bermain sebaik mungkin,” tutur pelatih asal Kroasia itu.

Pelatih berkepala plontos itu menambahkan ada beberapa pemain di kubu Indonesia yang menarik perhatiannya. “Egy Maulana Vikri, Todd Ferre, dan Saddil Ramdani mendapat atensi kami,” jawab sang pelatih.

Secara khusus, performa Saddil dan Todd saat penyisihan Grup A memang dinilai cukup apik. Sementara Egy Maulana, baru tiba di Tanah Air pada Selasa malam WIB (10/7/2018). Namun, kualitas pemain Lechia Gdanks itu sudah tak diragukan lagi bahkan hingga di kalangan tim lawan.

Prediksi Susunan Pemain:

Indonesia U-19 (4-3-3): M. Riyandi (GK); Asnawi Mangkualam, Nurhidayat Haji Haris, Kadek Raditya, Firza Andika; Luthfi Kamal, Syahrian Abimanyu, Todd Rivaldo Ferre; Witan Sulaiman, Rafli Mursalim, Saddil Ramdani.

Pelatih: Indra Sjafri

Malaysia U-19 (4-4-2): Shafiq Afifi (GK); Shivan Asokan, Muhammad Anwar, Nabil Hakkim, Muhammad Syaiful; Muhammad Nurfais, Thivandaran Karnan, Ammar A., Nik A. Syahiran; Muhammad Ahkyar, Muhammad Hadi Fayyadh.

Pelatih: Bojan Hodak