Buka Manasik, Walikota Parepare: Kesahatan Jasmani dan Rohani Harus Imbang

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir

Online24, Parepare – Wali kota Parepare , HM Taufan Pawe membuka kegiatan manasik kesehatan haji tahun keberangkatan 1439 H/ 2018 M. Kegiatan berlangsung di Balai Ainun -Habibie, Kamis (12/07/2018).

Kegiatan di hadiri Kepala Dinas Provinsi Sulawesi Selatan yang di wakili Kepala Kementrian Agama Parepare dan Kepala Dinas Kesehatan serta 122 calon jemaah haji Parepare.

“Jadi, untuk semua CJH dilakukan tes kebugaran. Kita ingin tahu bagaimana kesipannya mulai dari awal sampai di tanah suci nanti,” kata kepala Dinas Kesehatan Parepare, dr. Muhammad Yamin Yasin.

Dia menjelaskan, ini bahagian dari penerapan aturan dalam melaksanakan tanggung jawab pemerintah.Ia berharap CJH mejadi haji yang sehat dan mabrur,

Sebagian besar CJH, kata dia, mengidap penyakit yang berisiko sehingga perlu pendampingan tim.

Sementara walikota Parepare mengatakan, yang paling penting bagi CJH adalah kesehatan jasmani dan rohani.

“Harus ada keseimbangan pemahaman antara manasik haji tentang rukun dan kesehatan haji,” terang Taufan Pawe.

Rangkaian ibadah haji, kata dia, perlu pemahaman seimbang. Kesehatan jasmani terkait dengan fisik harus sejalan dengan rohani, ia meminta untuk tidak abai dengan kesehatan fisik.

Taufan pun mengajak masyarakat untuk mendoakan ratusan jamaah haji Parepare agar mendapat lindungan Allah SWT.

“Intinya jangan kita abaikan manasik haji secara umum dengan manasik haji tentang kesehatan. Semoga CJH kita mudah-mudahan dalam lindungan Allah SWT dan Semoga menjadi haji mabrur,” ungkap wali kota bergelar doktor hukum ini.