Jokowi Renovasi Rumah Zohri Pelari Juara Dunia

Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Prestasi Lalu Muhammad Zohri menjadi juara dunia di Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 di Finlandia, mendapatkan perhatian dari Presiden Joko Widodo.

Menurut Jokowi, prestasi yang diraih Zohri merupakan suatu kebanggaan bagi seluruh bangsa Indonesia. Selain itu, ini juga menjadi modal penting untuk berlaga di Asian Games 2018.

“Saya kira tidak saya saja, tapi seluruh rakyat Indonesia senang dan bangga. Kayak kemarin itu badminton, itu modal (untuk) Asian Games 2018. Ini nanti lari modal lagi untuk Asian Games,” jelas Jokowi seperti dikutip dari Biro Pers dan Informasi Sekretariat Presiden.

Sebagai bentuk apresiasi, Jokowi pun memberikan hadiah kepada Zohri berupa bedah rumah di kampung halamannya di Lombok.

Zohri adalah anak yatim piatu dan tinggal di rumah yang sangat sederhana, terbuat dari papan kayu tua dan rapuh di Desa Pemenang Barat, Lombok Utara.

“Untuk prestasi yang diraih Zohri, saya telah memerintahkan Menteri PU dan Perumahan Rakyat untuk merenovasi rumah Zohri di Lombok,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, Zohri meraih mendali emas dengan catatan waktu 10.18 detik, mengalahkan beberapa favorit juara diantaranya dua dari Amerika Serikat, Anthony Schwartz (10.22), Eric Harrison (10.22), pelari Afrika Selatan Thembo Monareng (10.23) dan dari Inggris Dominic Ashwell (10.25).