Trump Pemimpin dengan Follower Twitter Terbanyak, Jokowi Masuk 10 Besar

Editor : Aris Munandar
Presiden Indonesia Jokowi dan Presiden AS Donald Trump. (foto: dw.com)
Presiden Indonesia Jokowi dan Presiden AS Donald Trump. (foto: dw.com)

Online24, Makassar – Twitter menjadi salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Para pemimpin dari berbagai belahan negara di dunia pun menggunakan Twitter berkomunikasi dengan penduduk negaranya maupun seluruh dunia.

Dilansir CNBC Indonesia, Milennium Development Goals Report dalam seminar Diplomasi Digital di Jakarta hari Kamis (12/7/2018), 452.000 postingan dikirim di Twitter setiap 60 detik di 2011.

Lembaga Twiplomacy dalam laporannya tahun ini mendata pemimpin dunia dengan jumlah pengikut Twitter terbanyak. Berikut hasil laporannya.

1. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump
Memakai akun pribadinya @realDonaldTrump, presiden yang cuitannya sering kali kontoversial ini memiliki 53,4 juta pengikut di Twitternya. Akun ini bahkan lebih populer dibandingkan akun Twitter resmi presiden AS @POTUS.

Trump berulang kali mengumumkan hal-hal penting di akunnya ini dan akun @POTUS seringkali hanya tinggal me-retweet postingan sang presiden.

2. Vatikan
Pemimpin Negara Kota Vatikan, yang merupakan negara independen terkecil di dunia dan diakui secara internasional ini memiliki lebih dari 47 juta pengikut secara total di akunnya yang bernama @pontifex dan beberapa akun lain dalam berbagai bahasa.

3. Perdana Menteri India Narendra Modi
Akun Twitter @NarendraModi memiliki 43,4 juta pengikut.

4. Kantor Perdana Menteri India Narendra Modi
Akun kantor PM India Narendra Modi yang diberi nama @PMOIndia ini memiliki 26,7 juta pengikut.

5. Akun resmi presiden
Akun resmi presiden-presiden Amerika Serikat yang diberi nama @POTUS ini memiliki 23,6 juta pengikut. POTUS sendiri merupakan singkatan dari President of the United States.

6. Akun Presidensial AS
Akun resmi Gedung Putih yang bernama @WhiteHouse ini memiliki 17,4 juta pengikut.

7. Presiden Turki Erdogan
Dengan jumlah pengikut sebanyak 12.986.259 pengguna, akun Presiden Recep Tayyip Erdogan @RT_Erdogan ini menempati posisi ketujuh akun Twitter pemimpin dunia dengan followers terbanyak.

8. Menteri Luar Negeri India
Akun Twitter menteri luar negeri India @SushmaSwaraj ini memiliki 11,8 juta pengikut.

9. Ratu Jordania
Ratu Rania Al-Abdullah yang merupakan istri dari Raja Abdullah, memiliki 10,9 juta pengikut di twitternya yang bernama @QueenRania.

10. Presiden Indonesia Joko Widodo
Akun Presiden @Jokowi memiliki 10,3 juta pengikut. Namun, akun tersebut lebih sering dikelola oleh pihak istana negara, bukan oleh presiden langsung.