Begini Penjelasan Polisi Soal Aset Abu Tours yang Tidak Bisa Disita

Reporter :
Editor : M N Ubay
Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani
Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani

Online24, Makassar– Puluhan mitra agen serta jamaah Abu Tours meminta penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) untuk menyita seluruh aset milik Hamzah Mamba. Termasuk aset yang telah dipindah tangankan.

“Kita minta agar aset-aset Abu Tours yang telah dipindahtangankan ke pihak ketiga untuk diusut juga oleh penyidik Polda Sulsel,” kata perwakilan agen Abu Tours, Anugerah, Jumat (13/7/2018).

Namun permintaan penyitaan seluruh aset tersebut disikapi oleh pihak Polda Sulsel. Menurut Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani penyitaan dilakukan harus berdasarkan bukti kepemilikan Hamzah Mamba termasuk jika dipihak ketigakan.

“Sekarang perlu kita kaji lebih mendalam, perlu ada pembuktian apakah betul aset itu dia atau tidak,” katanya.

Dicky mengatakan penyitaan aset Abu Tours oleh penyidik bisa saja dilakukan jika aset itu hanya dititipkan ke keluarga Hamzah Mamba. Ia pun menyebutkan penyitaan akan terus dilakukan jika polisi kembali mendapat petunjuk tambahan keberadaan aset lain milik bos Abu Tours tersebut.

“Kalau aset itu dititip ke sepupu atau saudaranya kan gampang kita sita, karena memang masih milik dia. Tapi kalau ada orang ketiga atau dipihak ketigakan butuh pembuktian,” ucapnya.

Perwira polisi berpangkat tiga bunga ini berasalan jika aset Abu Tours yang telah dipihak ketigakan perlu kajian mendalam. Termasuk sejak kapan dipindahtangankan.

“Misalnya sudah dijual ke orang lain, terus ini kasuskan bergulir Januari 2018 sementara berpindah tangan tahun 2017 itu pasti tida bisa disita. Contohnya lamborgini itukan kita tidak bisa sita karena sudah dijual 2017 lalu,” tandasnya.