Mahasiswa Unhas yang Tenggelam di Sungai Bambangan Dimakamkan di Bulukumba

Editor : Andhika BD

Online24, Bulukumba – Ridhani Rifki Tanrajelling, Mahasiswa Fakuktas Teknik Unhas, peserta KKN Bakti Negara TMMD, yang meninggal tenggelam di sungai Bambangan, Kabupaten Majene, dimakamkan Sabtu(14/7/2018) sore tadi.

Almarhum dimakamkan di pemakaman umum Dusun Palattae Desa Majalling, Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba.

Rombongan P2KKN yang turut serta menghadiri pemakaman almarhum antara lain Ketua P2KKN Unhas, Dr Hasrullah, Sekretaris P2KKN Unhas, Ir Syamsuddin Amin, Koordinator dan para anggota supervisor KKN Bakti Negara TMMD, serta puluhan peserta KKN Unhas dari Kabupaten Bantaeng dan Kabupaten Bulukumba.

Kedua orang tua almarhum yakni Andi Parenrengi (Guru SMK di Samarinda) dan Ibunda Hafsah (Ibu Rumah Tangga) serta paman dan keluarga korban menyambut kedatangan rombongan Unhas dalam suasana haru.

Sebelum proses pemakaman dilakukan didahului dgn prosesi pelepasan jenazah oleh Ketua P2KKN Unhas mewakili Rektor Unhas, yang berhalangan hadir karena sedang berada di Singapura.

Dalam prosesi pelepasan jenazah tersebut Ketua P2KKN Unhas menyampaikan pesan Rektor akan rasa duka cita mendalam dari segenap civitas akademika Unhas atas meninggalnya almarhum dan mengharapkan do’a semua pihak.

“Peristiwa ini merupakan musibah yang dapat menjadi pelajaran bagi kita semua,” kata Hasrullah.

Selama proses pembekalan bagi peserta KKN sebelum berangkat ke lokasi telah disampaikan dan disosialisasikan pentingnya menjaga keselamatan diri dan menghindari berada di tempat-tempat rawan.

Almarhum sebenarnya adalah peserta KKN Reguler. “Tetapi ketika program KKN Tematik Bakti Negara bersama TNI dibuka almarhum lansung ikut mendaftarkan dirinya dan memilih penempatan di Kabupaten Majene,” jelas Hasrullah.

“Ini menjadi isyarat dan rahasia Allah yang mudah-mudahan almarhum bisa dikategorikan mati syahid karena meninggal di lokasi pengabdian,” lanjutnya.

Prosesi pelepasan jenazah lalu ditutup dengan pembacaan do’a oleh Koordinator Supervisor TMMD, Ilham Alimuddin, dilanjutkan sholat jenazah di masjid terdekat lalu dilanjutkan penguburan di pekuburan umum desa setempat yang dihadiri oleh seluruh rombongan dan kolega kuliah dan KKN almarhum.

Selama prosesi tersebut nampak raut wajah sedih dari kedua orang tua almarhum yang ditinggalkan oleh anak yang merupakan kebanggan keluarga. Meskipun demikian, orang tua mengaku ikhlas dan menganggap hal ini sebagai jalan yang ditetapkan Allah untuk anak mereka.

Almarhum M Ridhani Rifki masuk ke Unhas melalui jalur undangan. Keluarga yang diwakili oleh Ayah almarhum secara khusus menyampaikan kepada Ketua P2KKN bahwa orang tua dan keluarga almarhum menyampaikan terima kasih atas perhatian dan bantuan dari pihak Kodam XIV/Hasanuddin dan Rektor Unhas selama proses pencarian korban sampai pemakaman almarhum.

Pada kesempatan tersebut, Civitas akademika Universitas Hasanuddin menyampaikan duka cita mendalam atas kepergian Muh Ridhani Rifki Tanrajelling.

[fbcomments]