Sempat Mandek Pesantren di Dua Pitue Ini Kini Beroprasi Kembali

Editor : Muhammad Tohir

Online24,Sidrap– Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidrap, H. Irman, meresmikan Pondok Pesantren Al Ikhlas Larumpu Desa Bila Kecamatan Dua Pitue, Senin (16/07/2018).

Bangunan pesantren tersebut dimanfaatkan kembali setelah sebelumnya tidak terpakai selama beberapa tahun, dimana kepengurusannya saat ini dilanjutkan oleh yayasan Masjid Al Ikhlas Larumpu, Pondok Pesantren ini menjadi satu-satunya pesantren di Kabupaten Sidrap yang dibawahi langsung oleh Masjid.

Sementara Kepala Kantor Kemenag yang memberi sambutan sekaligus meresmikan pesantren disambut triakan “Hidup Al-Ihlas” oleh para tamu dan orang tua siswa.

Pesantren ini sebelumnya bernama Jabal Nur dan saat ini diganti dengan nama Al Ikhlas sesuai dengan nama Masjid Al Ikhlas.

Kepala Kemenag Sidrap, H Irman menghimbauKepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren H. Muslimin Muchtar, dan pengawas yang bertanggung jawab di Kecamatan Dua Pitue untuk membantu dalam hal pengembangan pendidikan di Pondok Pesantren tersebut dengan menghadirkan guru-guru yang betul-betul profesional terkhusus untuk 7 mata pelajaran unggulannya, sehingga nantinya pesantren tersebut tidak kalah dengan pesantren dan sekolah umum yang telah lama berdiri.

“Jumlah santri yang akan mengenyam pendidikan untuk tahun ajaran 2018/2019 ini sebanyak 17 orang.”Ujar Irman.

Meski demikian lanjutnya angka tersebut merupakan angka yang luar biasa dikarenakan Indonesia merdeka pada tanggal 17, shalat pun berjumlah 17 raka’at.

“Ini tanda bahwa Pondok Pesantren tersebut kedepannya akan besar,” katanya disambut dengan teriakan “Hidup Al Ikhlas,”.

Anggota DPRD Sidrap Fraksi Partai Golkar, Ahmad Shalihin Halim (ASH)  yang menjadi salah satu pengurus yayasan juga berharap dengan adanya Pondok Pesantren ini diharapkan mampu membentuk generasi-generasi pelanjut yang berakhlakul karimah.

“Selain pembangunan fisik juga sangatlah penting membangun SDM kita di Kabupaten Sidrap ini,” katanya.

“Demi kemajuan Pondok Pesantren ini sangat dibutuhkan kerjasama yang baik antara pihak pondok pesantren dengan masyarakat setempat, dengan orang tua, dan dengan pemerintah,”Harap Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sidrap, KH Fathuddin Sukkara selaku Pimpinan Ponpes Al Ikhlas.

Peresmian dan penyambutan santri baru untuk tahun ajaran 2018/2019 ditandai dengan proses belajar mengajar pertama yang dilakukan oleh Kakan Kemenag diruang kelas yang disaksikan oleh para tamu undangan.