Ribuan Bacaleg Tes Kejiwaan di RSUD Andi Makkasau Parepare

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir

Online24, Parepare -Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare, menjadi pusat rujukan pemeriksaan kesehatan bagi bakal calon legislatif (Bacaleg) di wilayah Ajatappareng.

Tidak hanya di wilayah Ajatappareng, Bacaleg Kabupaten Wajo, Soppeng, dan Enrekang pun, bacaleg datang melakukan pemeriksaan kesehatan di RS itu.

Humas RSUD Andi Makkasau, Faridah saat ditemui mengatakan, ditunjuknya RS itu sebagai rujukan pemeriksaan Bacaleg karena mendapat kepercayaan dari Kementrian Kesehatan.

“intinya, kita ditunjuk sebagai rujukan karena diberikan kepercayaan oleh kementrian kesehatan (Kemenkes) dan KPU Parepare, untuk melakukan pemeriksaan terhadap bacaleg tahun 2019,”Ungkapnya, senin (16/07/2018).

Lebih lanjut farida menguraikan, sudah menghampiri ribuan bacaleg melakukan tes kesehatan,

“Parepare sekitar 150 orang, Pinrang 400, Barru 100, Sidrap 100, Wajo 50, Enrekang 30, Soppeng 70, jumlah keseluruhan sudah hampir ribuan, totalnya sekitar 900 bacaleg, itu pun ada yang sementara di input,”Urai Farida.

Untuk kategori tes, kata Farida terdapat tiga kategori tes kesehatan yang harus dilalui bacaleg,

“tes narkoba di laboratorium, tes kesehatan umum di poli umum, dan tes jiwa/rohani dalam bentuk tes tertulis dengan jumlah soal sebanyak 567 di ruang poli jiwa,”tambah Farida

Sementara, untuk tes tertulis kejiwaan, Poli Jiwa RSUD Andi Makkasau Parepare, Ahmad Nur, mengatakan, ada puluhan bacaleg yang mengulang,

“salah satunya, Nur Jannah Bacaleg dari Pinrang, tetapi sudah dihubungi kembali untuk melakukan tes ulang, dan hingga hari ini, sudah puluhan melakukan tes ulang kejiwaan,” Ungkap, Ahmda Nur, Poli Jiwa RSUD A Makkasau.