Lakukan Hal Ini Agar AC Mobil Awet

Editor : M N Ubay
Sumber foto /rotarybintaro.co.id
Sumber foto /rotarybintaro.co.id

Online24, Makassar – Air Conditioner (AC) atau pendingin udara adalah salah satu komponen penting di dalam mobil. AC membuat udara di dalam mobil sejuk dan dingin, apalagi jika cuaca di luar sedang panas. Tidak bisa dibayangkan jika AC mobil mengalami kerusakan, tentunya penumpang akan mengalami kepanasan dan rasa tidak nyaman. Oleh sebab itu sangat penting untuk menjaga dan merawat ac mobil agar tetap awet dan tahan lama.

1. Cara termudah merawat ac mobil yaitu selalu menjaga kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Pakailah karpet sebagai alas di dalam kabin agar debu dan kotoran yang menempel tidak langsung mengenai lantai mobil. Kalau lantai mobil kotor, tinggal buka karpet. Lalu, pasangkan kembali.

2. Jangan mengendarai mobil dengan jendela terbuka lebar, apalagi saat AC dinyalakan, dan juga jangan merokok dalam kondisi AC mobil menyala.

3. Pastikan posisi AC mati saat menyalakan mobil. Tunggu hingga kerja mesin stabil baru kemudian menyalakan AC.

4. Bersihkan kondensor saat anda mencuci mobil untuk membuang debu dan kotoran yang menempel, yang dapat menyebabkan kebocoran dan korosi.

5. Ketika menempuh perjalanan jauh, matikan AC beberapa saat, lalu hidupkan kembali. Tujuannya untuk mengistirahatkan AC agar tidak terus-menerus mendinginkan kabin mobil, dan menghindari pembekuan pada saluran AC.

Jangan Lewatkan Berita Terbaru lainnya
Ikuti Online24jam.com di social Media Kamu