Komplotan Begal Minimarket dan ‘Sari Laut’ Dibekuk Polisi

Reporter :
Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Tujuh remaja pelaku tindak pidana pencurian dan kekerasan berhasil dibekuk anggota Timsus Polda Sulsel.

Mereka merupakan komplotan begal yang kerap beraksi di minimarket dan penjual sari laut di wilayah Kota Makassar dan Kabupaten Maros.

Para pelaku yang berhasil diringkus adalah Teddy (19), MM (17), AB (17), MD (17), AM (17), PA (17), serta DM (17). Mereka diamankan polisi di beberapa lokasi yang berbeda di Kota Makassar.

Panit Timsus Polda Sulsel Ipda Artenius MB mengatakan, para pelaku ini menggunakan senjata tajam dalam menjalankan aksinya. Akibat ulahnya, korbannya mengalami kerugian berupa telepon genggam dan uang tunai jutaan rupiah.

“Dalam aksinya mereka menggunakan busur dan parang untuk mengancam penjaga minimarket dan penjual sari laut,” kata Arten saat ditemui di posko Posko, Jalan Pengayoman, Kota Makassar, Selasa (17/7/2018) dini hari.

Menurutnya, modus operandi yang digunakan para pelaku dengan cara berpura-pura hendak buang air kecil. Setelah melihat situasi sepi mereka langsung mengancam korban dengan menggunakan senjata tajam.

Selain ketujuh pelaku, kata Arten, polisi masih melakukan pengejaran terhadap tiga pelaku lainnya yang berinisial LB, DV dan FZ.

“Masih ada tiga rekan pelaku yang masih dalam pengejaran anggota,” ungkapnya.

Sementara pengakuan AB saat dimintai keterangan mengatakan melakukan aksi pencurian lantaran diajak oleh rekannya LB yang saat ini masih DPO.

“Saya diajak pak, saat itu curi rokok sama cokelat silverqueen di minimarket,” akunya.

Untuk proses selanjutnya, tiga pelaku akan diserahkan ke Polsek Manggala. Sementara empat pelaku lainnya diserahkan ke Polres Maros untuk menjalani proses hukum lebih lanjut.