Dianggap Selalu Merugi, Dewan Sebut Rencana Pembubaran BPR

Editor : Andhika BD
Ilustrasi BPR. NET
Ilustrasi BPR. NET

Online24, Makassar – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar mengancam akan membubarkan Badan Perkreditan Rakyat (BPR) Kota Makassar. Lantaran lembaga tersebut dinilai sering merugi dan sudah tidak produktif lagi.

“Kalau kita kasi modal, merugi terus. Makanya kita tidak mau kasi lagi anggaran, bahkan kita pernah bilang kita bubarkan saja. Tapi kita kasi kesempatan dulu,” Ucap Ketua Komisi B DPRD Kota Makassar, HM Yunus, Rabu (18/07/2018).

Menurut Yunus DPRD Kota Makassar telah berulang kali melakukan penyertaan modal kepada BPR, namun belum pernah menghasilkan deviden bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD), bahkan merugi. Berbeda dengan pemberian penyertaan modal kepada BPD Sulselbar yang rencananya akan dianggarkan sebesar Rp100 miliyar, dimana Kota Makassar akan mendapatkan deviden sebesar46 miliyar, dari penyertaan tersebut.

“Sudah berapa kali kita kasi dana itu BPR, tapi tidak bisa dia kembangkan. Jadi, kalau kita kasi lebih besar lagi dan kita khawatirkan kita tidak dapat hasil dan merugi terus. Kalau BPD Sulselbar sudah jelas, kalau kita kasi Rp100 miliar kita bisa dapat deviden Rp46 miliar,” jelas Yunus.

Senada Anggota Komisi B DPRD Kota Makassar, Hasanuddin Leo mengungkapkan di periode sebelumnya BPR pernah mendapatkan penyertaan modal sebesar sebesar Rp2.5 miliar, yang dianggarkan pada APBD Pokok. Ia juga menganggap, seharusnya BPR harus memiliki visi serta perencanaan yang baik. Hal tersebut diharapkan dapat menarik perhatian perusahaan swasta untuk melakukan kerjasama. (*)